Dana BOS Kementrian Agama Tolitoli Disunat

  • Whatsapp

PENYALURAN dana Bantuan Operasional  Sekolah (BOS) untuk Madrasah Aliyah, Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah yang dilaksanakan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tolitoli tahun 2016 disunat.

Puluhan MA, MTs dan MIN yang melekat di kantor kementrian Agama itu dilakukan pemotongan BOS dalam penyaluran triwulan empat dengan cara bervariasi mulai 0,17 persen, 36 persen hingga 47 persen.

Muat Lebih

Kepala MTs Darul Ulum Desa Kalangkangan Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli, Mahbir mengungkapkan, penerimaan jatah BOS untuk sekolah yang dipimpinnya sebelumnya berjalan normal pada tahapan penyaluran triwulan satu, dua hingga tiga, namun belakangan anehnya mengalami pengurangan penyaluran dalam penerimaan triwulan empat pada akhir tahun lalu.

“Dampak dari terkurangnya BOS itu, belanja yang tercatat dalam rencana anggaran biaya sekolah yang sudah masuk dalam program akhirnya secara otomatis tidak bisa maksimal, karena jatah per siswa yang sebetulnya Rp1 juta pertahun menjadi berkurang,” katanya, Selasa (21/2).

Anggaran BOS dalam taksiran yang sebetulnya diterima pihak MTs dipimpinnya berdasarkan jumlah siswa pertahunnya sebesar Rp173 juta, namun karena terjadi pengurangan terpaksa yang diterima totalnya hanya berkisaran kurang lebih Rp150 juta.

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Kantor Kemenag Tolitoli, Sarina  Uno yang dikonfirmasi terkait disunatnya dana BOS di MI, MTs dan MA membenarkan. Dijelaskannya, terjadinya pengurangan penerimaan dana BOS pada sekolah-sekolah tersebut telah dilakukan secara bervariatif, untuk MA totalnya sebesar Rp463 juta, MI Rp120 juta dan MTs sekira Rp549.250.000.

“Pengurangan penerimaan BOS yang terjadi itu merupakan kebijakan dari pihak Kanwil Kemenag Provinsi Sulteng, bukan inisiatif Kemenag Tolitoli,” jelasnya.

Pemberlakuan pemotongan BOS di Kemenag Tolitoli telah dilakukan terhadap 59 sekolah yang tersebar di 10 Kecamatan di Kabupaten Tolitoli, sekolah tersebut terdiri dari 16 MA, 17 MI dan 26 MTs. ***

 

REPORTER: ROMI TOLIS

Pos terkait

banner 580x60