Deprov Sulteng Belum Tentukan Paripurna Tatib Cawagub

  • Whatsapp

TUGAS Panitia khusus (Pansus) telah berakhir melakukan penggodokan terhadap Tata tertib pemilihan wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng). Meski tugas pansus telah berakhir, namun tahapan selanjutnya masih menanti. Hingga kini DPRD Sulteng belum menentukan waktu sidang  paripurna pengesahan Tatib Cawagub.

“Setelah Pansus selesai menggodok tata tertib pemilihan wakil Gubernur, hingga kini DPRD belum menentukan waktu sidang paripurna tatib tersebut,” kata salah satu anggota Komisi II DPRD Sulteng, Faisal Lahadja saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (7/3).

Muat Lebih

Politisi partai pohon beringin dapil Tolitoli itu mengemukakan, tidak ada aturan khusus  yang mengatur tenggang waktu pelaksanaan sidang paripurna pengesahan tatib Cawagub. Olehnya, saat ini dirinya masih menunggu informasi pelaksanaan paripurna tersebut. Bahkan papar dia, selain belum menjadwalkan paripurna, DPRD juga belum menetapkan waktu pemilihan Cawagub.

“Betul-betul ini tidak ada aturan yang mengatur tenggang waktu sidang paripurna pengesahan tatip Cawagub,” terang Faisal.

Sehingga, jika nanti tatib Cawagub sudah dibahas dan disahkan lewat paripurna maka DPRD akan mengajukan tatib tersebut kepada Gubernur. Olehnya, hasil pengesahan itu menjadi acuan dalam mekanisme wakil Gubernur nanti.

Dirinya menguraikan, secara mekanisme kualisi utuh pada pemilihan wakil Gubernur nanti, ke empat partai pengusung harus menandatangani persetujuan dua nama yang telah diusul sebagai Cawagub. Jika dari empat partai pengusung itu salah satu diantaranya tidak  ertandatangan sebagai bentuk persetujuan, maka, kualisi tidak dianggap utuh.

“Dua nama yang dimasukan harus ditanda tangani oleh semua ketua partai pengusung. Kalau ada salah satu ketua partai yang tidak menandatangani, itu dianggap tidak sah,” pungkasnya.***

 

REPORTER/EDITOR: MOH. RIDWAN

 

Pos terkait

banner 580x60