DPRD Sulteng kembali bahas tata tertib Cawagub

  • Whatsapp
Bahas Tatib – Panitia Khusus (Pansus) menggelar rapat pembahasan tata tertib Cawagub Sulteng pasca di konsultasikan ke pada Menteri dalam Negeri. FOTO: Dedi Rahmat Dai DPRD Sulteng Kembali Bahas Tatib Cawagub

USAI dikonsultasikan di kementrian Dalam Negri (Kemendagri) beberapa waktu lalu, kini tata tertib (Tatib) Calon Wakil Gubernur kembali di bahas oleh pihak Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Sulawesi Tengah untuk kepentingan tahap selanjutnya.

Hasil konsultasi  yang dilakukan oleh Panitia Khusus (Pansus) Cawagub beberapa bulan kemarin, DPRD tidak mendapatkan hasil yang menurut mereka  memuaskan, sebab dalam  konsultasi tersebut, seolah pihak Kemendagri tidak memberikan koreksi khusus dan menyerahkan kembali kepada DPRD untuk mengambil kewenangan dalam penyusunan tatib tersebut.

Muat Lebih

“Dari Hasil Konsultasi yang kami dilakukan beberapa waktu lalu, Kemendagri seolah tak memberi koreksi khusus, sehingga kewenangan itu dikembalikan pihak DPRD Sulteng, meskipun ada beberapa poin yang mereka koreksi, tetapi poin tersebut tidak menjadi ketetapan untuk di jadikan pedoman,” Ucap salah satu Anggota Pansus, Erwin Burase, Selasa  (28/2).

Rapat pembahasan Tatib cawagub yang kembali di bahas diruang sidang DPRD Sulteng tersebut, kembali memperdebatkan soal Cawagub yang berstatus Pegawai Negri Sipil (PNS) dan syarat pengusulan Bakal Calon yang di tandatangani oleh Partai Pengusung.

Sementara, anggota Pansus Cawagub, Rusli Dg. Palabi, menekankan adanya pengusulan nama bakal calon dari partai pengusung, sebab pengusulan dari partai pengusung tersebut ada  beberapa problem yang harus di atur tegas  dalam tatib Cawagub.

“Harus ada kejelasan dalam tatib tersebut ketika ada salah  satu partai pengusung yang tidak menanda tangani bakal calon Wakil Gubernur,” ujar Politisi asap PAN.

Menurutnya Rusli, penyusunan Tatib Cawagub ini pada dasarnya tidak memiliki ajuan yang cukup jelas, olehnya dalam penyusunan tata tertib itu harus jelih untuk mengatur lebih detail soal pencalonan Cawagub Sulteng.***

 

Reporter/Editor: Dedi Rahmat Dai/Moh Ridwan

Pos terkait

banner 580x60