Kota Palu Diguyur Hujan, Drainase Tersumbat, Air meluap Ke Jalan

  • Whatsapp
Hujan deras yang mengguyur Kota Palu dan sekitar membuat sejumlah ruas jalan di genangi sampah dan air. FOTO: Dedi Rahmat Dai/Kali Post

HUJAN deras yang mengguyur Kota Palu dan sekitar membuat sejumlah ruas jalan di genangi sampah dan air. Salah satunya terjadi di simpang jalan Tanjung Tururuka dan Manimbaya, dimana drainase di seputaran jalan itu tersumbah oleh tumpukan sampah yang berakibat air meluap hingga kebadan jalan.

Menurut salah satu warga sekitar, Diana Inggriani, luapan air itu sering kali terjadi ketika hujan turun, baik curah hujannya tinggi maupun rendah. Mereka juga berharap agar pemerintah segera menangani permasalahan itu.

“Luapan air  sering terjadi, meskipun hujannya rintik-rintik seperti ini. Sampah yang menumpuk di drainase yang menyebabkan air meluap,” kata Diana, Senin (6/3). Dari banyaknya luapan air yang terjadi di beberapa titik Drainase di Kota Palu saat ini, masalahnya hanya satu yakni tumpukan sampah.

Olehnya di tuntut kinerja Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu untuk ekstra keras melakukan penataan kebersihan. Semnetara, hadirnya gerakan gali gasa besutan Pemkot Palu yang akan dikampanyekan pada 11 Maret ini juga diharapkan dapat memberi perubahan terhadap kondisi kebersihan Kota Palu

“kami berharap agar pengangkutan sampah dimulai usai solat subuh, sebab tidak elok rasanya apabila suasana pagi di sambut dengan pemandangan yang begitu jorok serta tumpukan sampah dimana-mana,” pinta Diana.

 

 

Sementara, hal yang sama juga terjadi jalan I Gusti Ngurah Rai tepatnya disimpang Kelurahan Tatanga dan Tinggide, dimana drainase berfungsi mengaliri air, karena hujan deras menguyur Kota Palu akibatnya tersumbat oleh sampah. Dari pantauan Kali Post, bahkan sampah-sampah itu berserakan hingga ke jalan.

Tebaran sampah berada di ruas jalan itu menjadi pemandangan jorok bagi setiap pengguna jalan. Bahkan, bukan hanya sampah tercecer, lumpur di drainase itu pun ikut terbawa air hingga kebadan jalan. ***

Reporter/Editor: Dedi Rahmat Dai/Moh Ridawan

Pos terkait

banner 580x60