PERAYAAN NYEPI DI POSO PESISIR UTARA

  • Whatsapp
Bupati : Poso Adalah ‘Miniatur’ Indonesia 

SENIN, 27/3-17 lalu, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu memiliki agenda yang sangat padat. Usai pencanangan ‘Gerakan Tanam Padi Serentak’  di Desa Masamba, Kecamatan Poso Pesisir, Bupati bersama rombongan langsung menuju Desa Bhakti Agung, Kecamatan Poso Pesisir Utara.

Dalam kegiatan yang berlangsung pada siang sampai sore hari itu, Bupati mendapatkan kesempatan memberi  penilaian terhadap penampilan sejumlah atraksi yang akan mengikuti pawai ogoh-ogoh. Berdasarkan penilaian Bupati, penampilan ogoh-ogoh Desa Bhakti Agung meraih nilai terbaik.

Muat Lebih

Pelepasan peserta pawai ogoh-ogoh yang berlangsung di Desa Bakti Agung tersebut, Bupati Poso berkenan  melepas secara resmi peserta pawai ditandai dengan pemukulan gong, mendapat sambutan hangat dan mengharukan bagi segenap hadirin yang  terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh parisada Hindu Dharma yang ada di Kecamatan Poso Pesisir Utara. Asal tahu saja, dalam kurung waktu 15 tahun berlalu, baru kali ini umat Hindu di Poso pesisir utara bisa melakukan pawai ogoh-ogoh dengan menghadirkan Bupati.

Dalam sambutannya, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengajak segenap warga Hindu untuk selalu menjalin tali silaturrahmi dengan penganut agama lainnya, khususnya yang ada di Kecamatan Poso Pesisir Utara (PPU). “Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, kita memang diciptakan berbeda-beda, ibarat warna ada yang merah, hijau, putih, biru, kuning, dan hitam, tetapi sesungguhnya perbedaan tersebut harus kita padukan sebagai sarana menjalin tali silaturahmi antar sesama makhluk ciptaan-Nya.”, urai Darmin.

Pada bagian akhir sambutannya, Darmin menegaskan, salah satu karakter khas yang menonjol bagi Kabupaten Poso, adalah keragaman penduduk dan agama yang berbeda-beda, namun memiliki filosofi hidup sintuwu maroso untuk bersama-sama hidup rukun dan damai. Karena itu kata Bupati kelahiran 9 Agustus 1964 itu, kalau mau merasakan kebhinekaan Indonesia, silahkan datang ke Poso, karena Poso bisa disebut sebagai miniatur Indonesia (Indonesia kecil).

REPORTER/EDITOR: DARWIS WARU

Pos terkait

banner 580x60