Polsek Parmout Amankan 3 Tersangka Pencuri Mesin Penghisap Pasir

  • Whatsapp
Babuk Mesin Penghisap Air

KEPOLISIAN Resort (Polsek) Parigi kembali mengamankan tiga tersangka kasus pencurian yang kerap beraksi diwilayah Kabupaten Parmout, Kamis (2/3) malam. Ketiganya berhasil dibekuk setelah melakukan pengejaran di Desa Pelawa Kecamatan Parigi Tengah.

Hal itu diungkapkan Kapolsek Parigi, IPTU. Muslimin yang ditemui Kaili Post diruang kerjanya, sabtu (4/3).

Muat Lebih

Dia mengatakan, pihaknya mengamankan ketiga pelaku setelah mendapatkan laporan dari warga yakni, Made Sumajana yang mengaku kehilangan mesin pengisap pasir miliknya di Desa Masari Kecamatan Parigi Selatan. Setelah mendapatkan keterangan, pihaknya langsung melakukan pengejaran terhadap para tersangka dengan cara membuntuti mobil yang digunakan saat beraksi.

“Setelah meminta keterangan pelapor, kami langsung melakukan pengejaran. Kami membuntuti mobil pick up yang membawa selang didaerah Pelawa,” kata dia.

Rencana sebelumnya kata dia, mobil yang digunakan tersangka akan dicegat di depan Mapolres Parmout. Namun, karena mereka mengetahui pihak kepolisian membuntuti, mobil yang digunakan langsung berbalik arah ke wilayah Parigi. Disaat itulah, anggota mengambil kesempatan untuk mencegat tersangka.

Dia menambahkan, para tersangka langsung diamankan pihaknya bersama mobil yang digunakan jenis Suzuki Carry DD 8692 IR, dan barang bukti mesin pengisap pasir ke kantor Polsek Parigi. Ketiga tersangka diketahui berinisial H (38) tahun warga Ogoalas Kecamatan Tinombo, serta dua orang lainnya merupakan warga Keluarahan Bantaya yakni, AW (38) warga dan I (19).

“Otak dari kasus pencurian ini yakni, tersangka berinisial H (38) yang merupakan warga Ogoalas yang kontrak di wilayah Parigi,” ujarnya.

Selain itu kata dia, setelah dilakukan pengembangan para tersangka sudah sering melakukan pencurian dibeberapa wilayah di Kabupaten Parmout, diantaranya pencurian mesin traktor di tengah sawah Kelurahan Kampal Kecamatan Parigi, pencurian mesin odong-odong di Desa Toboli Kecamatan Parigi Utara, pencurian dua unit mesin traktor di Desa Kasimbar Kecamatan Kasimbar.

“Jadi mereka sudah sering melakukan pencurian di wilayah Parmout, dengan beberapa TKP yang berhasil kami gali dari keterangan mereka,” tuturnya.

Kasus tersebut rencananya akan dilimpahkan Polsek Parigi ke Polres Parmout untuk pengembangan selanjutnya. Sementara itu, para tersangka dijerat dengan undang-undang KUHP, pasal 363 dengan ancaman paling lama enam tahun penjara.

Pos terkait

banner 580x60