100 Milyar Menanti Lokasi Huntap

  • Whatsapp

 

SEJUMLAH Rp100 Milyar dana APBD Kota Palu Tahun 2019 dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur jalan dan drainase di lokasi hunian tetap (huntap) bagi masyarakat korban bencana alam.

Muat Lebih

“Olehnya, kami bersama pemerintah kota, berharap agar Gubernur Sulteng mengeluarkan surat keputusan penetapan lokasi pembangunan hunian sementara. Sehingga pemkot bisa menindak lanjutinya, ” kata Ketua DPRD Kota Palu, Ishak Cae pekan lalu.

Lokasi pembangunan hunian tetapa tersebut, menurut Ishak, menggunakan lahan Hak Guna Bangunan (HGB) maupun Hak Guna Usaha (HGU) oleh perusahaan swasta yang ada di kota Palu. Dimana masa kontrak sewa lahan tersebut telah berakhir di tahun 2018.

Namun hingga saat ini, surat keputusan dari kementerian ATR, serta BAPPENAS  terkait penyerahan lahan HGB, maupun HGU oleh perusahaan swasta yang menyewa lokasi tersebut, belum ada.

Sebelumnya, lanjut Ishak, Dekot dan Pemkot telah menyurati Gubernur Sulteng terkait pencabutan HGB dan HGU tersebut. ” Alhamdulilah, Gubernur telah menyurati kementerian ATR serta Wakil Presiden agar HGB dan HGU dicabut. Serta menyerahkan kembali beberapa lokasi yang disewakan tersebut kepada pemkot. Untuk dijadikan lokasi pembangunan Huntap, ” katanya.

Ditambahkanya, dari beberapa lokasi HGB dan HGU di kota Palu, lahan tersebut tidak difungsikan atau dimanfaatkan secara maksimal oleh perusahaan swasta. Dalam artian hanya menjadi lahan tidur, tanpa ada kegiatan dan aktifitas di dalamnya.

“Melihat kenyataan tersebut, Wakil Presiden dalam rapat bersama beberapa waktu lalu, mengintuksikan agar lahan HGB dan HGU segera diambil alih oleh pemerintah daerah. Untuk difungsikan pembangungan Huntap, ” jelas ketua DPRD. ***

Reporter: Firmansyah Lawawi

Pos terkait

banner 580x60