Gubernur Lepas 150 Orang Kontingen Sulteng Menuju PON XX Papua

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Kontingen Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang akan berlaga di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua secara resmi dikukuhkan dan dilepas oleh Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura. Upacara pelepasan tersebut digelar di Lapangan Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Kamis (23/9/2021).

Pada kesempatan tersebut, Gubernur  memotivasi sekaligus berharap seluruh atlet yang diutus agar bisa berjuang untuk membesarkan nama Sulawesi Tengah.

 “Adik- adik harus bisa memecahkan tradisi kita, bahwa selama ini kita selalu berada di nomor belakang. Kalian para patriot olahraga harus tampil percaya diri bahwa kita bukanlah kacangan,” ujar Rusdy Mastura.

“Kalian harus tahu sejarah, bahwa Sulawesi Tengah ini lahir dari  Olahraga. Di saat Sulawesi Tengah belum menjadi Provinsi, Sulteng telah menjadi peserta PON Tahun 1961 berkat para pejuang-pejuang  daerah kita. Sehingga terbitlah Perpres yang tadinya kita tergabung di kontingen Sulawesi Utara  Tengah, dengan terbitnya perpres tersebut kita Sulawesi Tengah bisa Menjadi peserta PON Tahun 1961,” ujar Gubernur Rusdy Mastura   saat memotivasi para kontingen.

Sementara, Komandan Satuan Pelaksana Pusat Latihan Daerah (Puslatda) Sulteng PON XX Papua, Imelda Liliana Muhidin  menyampaikan bahwa Sulteng mengirim kontingen 150 orang,  terdiri dari 60 atlet, 30 pelatih dan 60 official.

Pada kesempatan itu, Ketua KONI Sulteng Moh Nizar Rahmatu mengatakan, sebagai salah satu instrumen provinsi Sulawesi Tengah, KONI terus mengimbangi laju  Gerak Cepat dan Tuntas sesuai Visi Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng.

“Alhamdulillah, kami di KONI dalam waktu tiga bulan menyelesaikan urusan teknis maupun non teknis  berkat dukungan energi dari Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng. Saat ini kami siap tarung di PON XX Papua,” ujar Nizar.

Iapun berharap Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng melalui Program Sulteng Emas bisa meningkatkan prestasi Olahraga Sulteng. Nizar mengajak para duta olahraga untuk membuat sejarah baru untuk Sulawesi Tengah.

Usai mengukuhkan dan pelepasan kontingen, secara simbolis Gubernur  Rusdy Mastura melakukan penyematan bunga kasih sekaligus atribut PON Kepada para Kontingen. ***

Sumber: Humas Pemprov Sulteng

Berita terkait