Belum Usai Kontroversi Nasi Padang Babi, Pendeta Gilbert Klaim Semua Jenis Makanan yang Pakai ‘Bak’ Itu dari Babi Contohnya Bakmi

  • Whatsapp
Foto: Twitter/@@kimi58486332.
banner 728x90

Ia pun kemudian menyinggung soal kuliner yang familiar di Indonesia yang aslinya berbahan dasar dari babi namun dimodifikasi dari bahan lain.

“Tahu nggak saudara, yang namanya bakcang, bakmi, jadi segala sesuatu yang pakai ‘bak’ itu singkatan dari babi. Makanya di Manado ada mie bak itu artinya mie babi. Bakmi ayam padahal itu bak itu babi awalnya, kemudian dimodifikasi jadi misalnya ada bakmi ayam,” ujar Gilbert Lumoindong.

Belum lagi nih, orang Sunda kan familiar dengan ayam geprek, terus kalau ada babi geprek dan babi penyet, gimana.

Belum lagi di Bali sudah ada makanan babi guling. Tak masalah bagi Pendeta Gilbert, justru mestinya bangga khazanah kuliner nusantara bisa seperti itu.

Menurutnya, modifikasi atau inovasi dalam perpaduan makanan itu hal wajar alias normal saja. Malah itu menunjukkan ada kemajuan budaya. Lagian masakan atau bumbu masak kan tak beragama.

Untuk itu Pendeta Gilbert mengajak masyarakat untuk tak berpikir sempit, apalagi meributkan soal makanan

“Saya mau ingatkan, marilah bangsa Indonesia lebih dewasa jangan persoalkan hal sepele, bumbu masak, kan nggak ada agamanya. Boleh nggak sih, bangsa ini maju sedikit, yang penting nggak ada penipuan dari rendang babi misalnya dikatakan ini halal, karena ini kan jelas nggak halal,” jelas Pendeta Gilbert.

Berita terkait