Belum Usai Kontroversi Nasi Padang Babi, Pendeta Gilbert Klaim Semua Jenis Makanan yang Pakai ‘Bak’ Itu dari Babi Contohnya Bakmi

Foto: Twitter/@@kimi58486332.

Merespon isu rendang babi ini, Pendeta Gilbert mengingatkan pula kepada aktor-aktor politik untuk jangan ikut bikin gaduh masalah. Mari hargai kearifan lokal budaya lokal dengan kesakralannya tapi juga jangan ributkan hal sepele seperti cara masak dan bumbu masak.

“Ada bakmi sapi, bakmi ayam, bakmi kambing itu sudah jadi biasa. Mari kita hindari keributan di bangsa ini kegaduhan atas nama agama, khususnya orang-orang politik dan pemimpin di bangsa ini. Boleh nggak jangan ciptakan kegaduhan, damai kan sangat baik, kita sangat hargai budaya lokal, kearifan lokal bisa dimodifikasi untuk dinikmati oleh banyak orang,” katanya.

Secara lebih luas, Pendeta Gilbert berharap kegaduhan ini dihentikan saja. Jangan ributin terus. Jangan pula kegaduhan ini melebar sampai persoalan yang serius.

“Mari berpikir maju, lebih luas, jangan berpikir sempit, jangan sektarian yang hanya ciptakan kegaduhan. Jangan sampai persoalan rendang babi ini, akhirnya Kristen Islam jadi persoalan. Biarlah saling hargai, sejauh tidak ada dusta di antara kita, jangan sampai ada istilah makanan Padang tidak ditulis halal. Karena itulah mari kita berpikir luas demi Indonesia minimalkan keributan,” katanya. ***

Editor/Sumber: Rizky/populis.id

Berita terkait