Pimpinan DPR Setuju Kelayakan SIM Pemotor yang Invasi Trotoar Dievaluasi

  • Whatsapp
Foto: Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (Dok. Istimewa).
banner 728x90

Sebelumnya, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi menyoroti sejumlah pengendara roda dua yang menyalahgunakan fungsi trotoar saat kondisi lalu lintas (lantas) macet. Firman turut prihatin atas hal itu dan meminta pihak pengadilan mengevaluasi kelayakan SIM yang dimiliki pelanggar lantas.

“Bikin rapor mereka yang tercatat berulang kali melanggar mudah-mudahan lewat bapak kita yang ada di pengadilan dievaluasi, masih layak nggak yang bersangkutan pegang SIM. Karena itu sudah jelas prioritas pejalan kaki dipakai, difabel buat lewat situ dipakai,” ujar Firman di kawasan car free day, Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (3/7/2022).

Firman berpesan kepada polisi lantas agar tidak segan menindak tegas pengendara roda dua yang melintas di trotoar. Hal ini dikarenakan fungsi dari trotoar seharusnya digunakan bagi pejalan kaki dan disabilitas.

“Ini pembelajaran buat kita semua, ya. Jadi sekali lagi saya sampaikan kepada masyarakat yang sudah peduli dengan ketertiban lalu lintas, kepada yang lain, saya mengajak mari tertib berlalu lintas,” kata Firman.

“Jadi kalau kita mau tambah polisi yang berseragam seperti saya ini berapa pun banyaknya, mau ditambah kamera sebanyak apapun, sepanjang masyarakat belum menjadi polisi bagi dirinya sendiri yang kita dapatkan hanyalah pembengkakan efisiensi untuk mengawasi masyarakat yang selalu kucing-kucingan,” sambungnya. ***

Editor/Sumber: Rizky/detik.com

Berita terkait