Usai Ketua MPR, Kini Komisi VII Bicara Soal PT Vale, Ini Sikapnya

  • Whatsapp
banner 728x90

Anggota Panja lainnya, Rusda Mahmud berharap kehadiran PT Vale dapat mewujudkan komitmennya pertambangan berkelanjutan, salah satunya menurunkan emisi karbon yang sejalan dengan program pemerintah menurunkan emisi karbon 31,89% di 2030.

Selain itu, kehadiran PT Vale juga dapat menyejahterakan masyarakat di sekitar lingkar tambang. Panja juga berharap, PT Vale memperhatikan hilirisasi, bahkan harus mengupayakan menghasilkan baterai sendiri, sehingga Indonesia tidak lagi ekspor bahan mentah. “Kehadiran PT Vale harus didukung melalui komitmen keberlanjutan yang ingin dihadirkan, serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat” harapnya.

Rusda Mahmud menuturkan, PT Vale telah membuktikan komitmennya dalam menurunkan emisi karbon di area operasi Sorowako. Selain itu, tata kelola lingkungannya sangat baik, karena setelah selesai menambang PT Vale kembali merawat dan menutup kemudian menanami kembali pohon.

“Selama ini informasi yang kami dapatkan sangat berbeda dengan apa yang disampaikan manajemen PT Vale, dari penjelasan itu tentu semakin menegaskan agar turut mendukung penuh pemerintah untuk melanjutkan izin Vale di Indonesia pada 2025, saya sampaikan bahwa belum ada Perusda yang mengelola tambang, itu sesuai dengan aturan sehingga hari ini yang saya minta kepada Vale komitmennya tentang pertambangan berkelanjutan atau good mining practices dapat diwujudkan, sebab, yang pastinya kalau pun Vale dilepaskan, Perusda tidak bisa mengelolanya” ungkapnya.

Senada dengan Rusda, Anggota Komisi VII lainnya, Abdul Kadir Karding juga

mengapresiasi PT Vale yang tetap berusaha menjaga lingkungan. Selain itu, PT Vale juga diharapkan sejalan dengan program pemerintah, yaitu hilirisasi, karena sepanjang sebuah perusahaan mendukung program pemerintah maka wajib didukung. “Pada intinya, kehadiran kami ingin melihat lebih dekat PT Vale, dan sejauh ini PT Vale sangat bagus dan diharapkan terus berkomitmen agar mensejahterakan daerah, masyarakat dan paling penting komitmennya terhadap lingkungan” jelasnya.

Sementara, Sekkab Morowali, Yusman Mahbub mewakili Bupati Morowali mengungkapkan, hadirnya perusahaan tambang di Morowali harus didukung, salah satunya adalah PT Vale karena dampaknya sangat dirasakan masyarakat, dari sisi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Morowali masuk dalam 4 daerah pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia, yaitu 28,93%.

Berita terkait