Transaksi Rp300 Triliun di Kemenkeu Buntut Kasus Rafael?

  • Whatsapp
Gedung Kementerian Keuangan. (Dok Kemenkeu)
banner 728x90

Mahfud Md Apresiasi Sri Mulyani Atasi Polemik Rafael Alun

Meski demikian, Mahfud mengapreasiasi gerak cepat Menkeu Sri Mulyani dalam menghadapi polemik ini. Sri Mulyani bahkan langsung memecat Rafael Alun Trisambodo.

“Menurut saya, saya sangat hormat dan salut pada Bu Sri Mulyani yang begitu hebat itu, untuk membersihkan itu, sudah lama, mengambil tindakan cepat, tapi menumpuk sebanyak itu, karena bukan Sri Mulyani itu, ganti menteri sudah empat kali sejak 2009, enggak bergerak dan keirjenan baru memberi laporan kalau dipanggil kali,” kata Mahfud.

Tak hanya Sri Mulyani yang gerak cepat, PPATK juga langsung memblokir rekening diduga berkaitan dengan Rafael Alun. Tak tanggung-tanggung ada sekitar 40 rekening nomine senilai Rp 500 miliar. Bahkan, menurut PPATK, ada kemungkinan nilainya akan bertambah lantaran masih terus dianalisis oleh pihaknya.

Menurut Ketua Kelompok Humas PPATK Natsir Kongah, jika pihaknya sudah menyampaikan laporan adanya trandaksi mencurigakan oleh pejabat, berarti sudah ada indikasi tindak pidana pencucian uang (TPPU).

“Kami sudah sampaikan hasil analisis kepada KPK tahun 2012 yang lalu. Bila PPATK menyampaikan hasil analisis-nya kepada penegak hukum, tentu sudah ada indikasi tindak pidana pencucian uang yang dilakukan,” ujar Natsir dalam keterangannya, Jumat (24/2/2023).

Polemik transaksi keuangan mencurigakan pejabat Kemenkeu ini terungkap lantaran anak Rafael Alun, Mario Dandy Satriyo menganiaya David Ozora Latumahina, anak dari Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Anshor (GP Anshor) Jonathan Latumahina.

Mario Dandy diketahui kerap memamerkan mobil Jeep Rubicon dan Harley Davidson. Dari situ mulai terungkap bahwa dua kendaraan mewah tersebut tak ada di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Rafael Alun.

Lebih mengherankan lagi, rupanya total harta Rafael Alun sesuai LHKPN senilai Rp 56 miliar. Harta itu tak sesuai dengan profil Rafael Alun yang merupakan pejabat eselon III, Bagian Umum Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan II.

Aturan mengenai gaji PNS diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 tahun 2019 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil. Berdasarkan aturan tersebut, Rafael Alun Trisambodo yang berstatus sebagai Eselon III, maka dalam penggajian masuk dalam Golongan III/d yang terendah dan Golongan IV/d yang tertinggi. Hal ini tergantung masa jabatan masing-masing PNS.

Jika dilihat dari nominalnya, maka gaji ayah Mario Dandy di kisaran Rp 2.920.800 hingga Rp 5.661.700.

Berita terkait