PAD Palu Tak Capai Target

  • Whatsapp
Revisi RPJMD Harus Dipublis

KOTA PALU,- MANTAN Ketua DPRD Kota Palu Moh Iqbal Andi Maga menyebut bahwa target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palu tahun 2017 tidak mencapai target. “Bahwa target PAD yang ditetapkan pada tahun 2016 lalu sebesar Rp500 miliar, namun kenyataannya target itu tidak tercapai. Hanya berkisar Rp327 miliar. Angka itu sangat jauh dari apa yang telah ditargetkan sebelumnya,” kata anggota Komisi C DPRD Kota Palu itu, di Palu, Rabu.

Menurut Iqbal setelah dirinya membuka revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ternyata lebih besar rencana belanja dibanding rencana pendapatan. Olehnya kata dia, DPRD menilai apa yang direncanakan sebelumnya tidak mengalami peningkatan. “Tahun 2016 lalu target PAD Kota Palu berada diangka Rp500 miliar, sementara setelah revisi RPJMD target PAD Kota Palu justru menurun,” kata Iqbal.

Muat Lebih

Dia menjelaskan, pada rapat revisi RPJMD bersama Pemkot, dirinya menilai rencana penerimaan merupakan hal penting. Tetapi belanja yang dimasukkan dalam rencana justru terlalu banyak sehingga memicu menurunya target PAD. Menurutnya jika mengacu pada target pendapatan yang disesuaikan dengan revisi RPJMD, itu artinya investasi di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah ini menurun khususnya pada sektor penunjang meningkatnya PAD.

Dirinya berharap sebelum revisi RPJMD dipublikasikan ke khalayak luas maka pemerintah kota harus memberikan penjelasan terkait menurunnya pendapatan asli daerah tersebut.  Pemerintah Kota Palu menargetkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2016 senilai Rp1,438 triliun dan diharapkan bisa ditetapkan menjadi perda sebelum akhir tahun 2015.**

Sumber : antarasulteng.com 

Pos terkait

banner 580x60