Ambisi Lengserkan Eky Kandas di DPP?

  • Whatsapp
banner 728x90

NIAT SERTA Keinginan DPD  Partai Golkar Kota Palu dan  DPD  Partai Golkar Sulawesi Tengah,  untuk merotasi jabatan Ikbal Andi Maga, SH sebagai Ketua DPRD Kota Palu, nampaknya harus pupus ditengah jalan.

Informasi yang dihimpun menyebutkan  bahwa sampai saat ini keinginan serta aspirasi  DPD Partai Golkar Sulteng  dan DPD Golkar Kota Palu, belum bisa diakomidir DPP Golkar, karena masih ada beberapa hal yang lebih prioritas  untuk diselesaikan. Dengan kondisi tersebut, tentunya bisa menjawab keraguan, opini serta wacana yang selama ini berkembang bahkan masih menjadi trending topik di masyarakat Kota Palu.

Menurut sumber,  rotasi jabatan Ketua DPRD Palu murni karena desakan kader dan masyarakat,  bahkan telah  diamini DPD Partai Golkar Sulteng. “Betul ada keinginan seperti itu, namun semua berpulang kepada DPP Partai Golkar sebagai lembaga tinggi partai yang memiliki kewenangan dan hak eksekusi,” kata  salah seorang kader Golkar yang minta namanya dirahasiakan.

Ia juga menuturkan mungkin DPP Partai Golkar menilai keinginan merotasi jabatan Ketua Dewan Kota Palu ini,  belum menjadi hal yang urgen dan mendasar, sebaiknya  persoalan ini, dipertimbangkan kembali, karena masih banyak persoalan-persoalan internal Golkar baik di daerah maupun di pusat yang perlu di benahi dan diselesaikan.

Wakil Ketua I DPD Partai Golkar Kota Palu Drs Soemarno Wahab yang dikonfirmasi menuturkan, bahwa sampai saat ini pihaknya belum menerima surat resmi dari DPP Golkar terkait usulan pergantian posisi ketua DPRD Kota Palu. ” Jadi belum ada jawaban apalagi surat resmi berisi penolakan dari DPP Golkar terkait keinginan tersebut,” tuturnya.

Yang jelasnya kata Soemarno, mekanisme dan prosedur telah dilakukan oleh DPD Golkar Kota Palu, dengan  mengusulkan kepada DPD Partai Golkar Sulteng  untuk diajukan ke DPP Partai Golkar  bersama Koordinator   Wilayah (Koorwil)  Partai Golkar Sulteng H Muhiddin Sahid.

Namun tambah Soemarno, jika benar DPP Partai Golkar menolak keinginan tersebut, maka ini akan berdampak terhadap eksistensi Partai  Golkar di Kota Palu, karena Iqbal Andi Maga  telah menciderai dua lembaga yakni DPRD Kota Palu dan Partai Golkar itu sendiri.

Sebelumnya DPD Partai Golkar Kota Palu, telah mengusulkan  empat nama pergantian jabatan  Ketua Dewan Kota yakni  Ishak Cae, MJ Wartabone, H Kadir serta Raoda.  Keempat kader partai beringin rindang ini telah memenuhi syarat, ditambah lagi keempatnya  dalam kapasitas sebagai pengurus harian DPD Golkar Kota Palu. **

reporter: ramdan otoluwa/agus manggona

Berita terkait