Dishub Sulteng Siapkan Mudik Gratis

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Beberapa pekan jelang Hari Raya Idul Fitri, Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah yang beralamat Di Jl. R.A. Kartini, Palu. Tengah mempersiapkan keberangkatan pemudik secara gratis.

keberangkatan pemudik secara gratis ini didaftarkan langsung oleh calon pemudik ke pihak Dinas Perhubungan Provinsi dengan menyertakan kartu tanda pengenal, seperti Kartu Tanda Penduduk, Kartu Mahasiswa bagi pelajar, kartu domisili dan/atau kartu keluarga.

Mudik gratis ini bisa untuk siapa saja, baik swasta maupun pegawai negeri. Kata staf Dishub (14/6/17) kemarin. Namun, yang di prioritaskan yaitu masyarakat yang kurang mampu. Sambungnya.

Dalam hal keberangkatan mudik tersebut, jumlah kuota pemudik yang akan di berangkatkan secara gratis yaitu  450 Orang dengan 75 buah bus. diantara berapa daerah kabupaten yang ada di Provinsi sulawesi tengah tersebut yaitu poso 60 orang, ampana 63 Orang, luwuk 119 Orang, toli-toli 56 orang, buol 48 Orang, morowali 56 orang dan morowali utara 48 Orang.

Staf Dishub yang enggan disebutkan namanya tersebut juga mengatakan bahwa, keberangkatan secara gratis ini, juga memiliki jaminan keselamatan dari Dinas Perhungan serta asuransi jiwa yang akan di klaim apabila terjadi hal yang tidak diinginkan apabila terjadi kecelakaan.

Untuk menjamin keselamatan pada kenderaan, pihak dishub telah bekerjasama dengan beberapa bengkel otomotif yang ada di kota palu, agar bisa memastikan bahwa kenderaan yang akan di gunakan untuk mengangkut para pemudik aman dan layak untuk di operasikan. Katanya.

Kalau untuk keselamatan jiwa, pihak dishub mengatakan bahwa telah menggandeng Jasa Raharja untuk menjamin asuransi jiwa oleh para pemudik gratis tersebut. Sehingga apabila terjadi sesuatu yang tidak di inginkan maka bisa mengklaim asuransi jiwa. Sambungnya.

Program mudik gratis yang akan diberangkatkan pada (21/6/17) mendatang. Sebelum tanggal pemberangkatan tersebut, pihak dishub akan memferivikasi pendaftar mudik pada (20/6/17), Sebelum di antar ke kantor gubernur untuk dilepas oleh Gubernur Longki Djanggola pada(21/6/17) nanti.

Program tersebut baru kali pertama di terapkan oleh dinas perhubungan. Namun mulai dari tahun ini, sampai seterusnya akan diadakan mudik gratis dan rancananya  akan di buatkan menjadi agenda tahunan. Tutup staf tersebut.**

Reporter: Bebi

Berita terkait