Apa Itu Tari Pamonte?

  • Whatsapp
BUDAYA
 

Sumber : indonesiabhinekatunggalika.com

SUMBER,- TARIAN Tradisional satu ini merupakan tarian yang diangkat dari kebiasaan masyarakat Suku Kaili di Sulawesi Tengah saat musim panen tiba. Namanya adalah Tari Pamonte. Apakah Tari Pamonte itu?

Muat Lebih

Tari Pamonte adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Sulawesi Tengah. Tarian ini menggambarkan kebiasaan para gadis Suku Kaili saat menyambut musim panen padi tiba. Tarian ini biasanya ditampilkan oleh para penari wanita dengan berpakaian layaknya para petani pada umumnya.

Sejarah Tari Pamonte:

Menurut sejarahnya, Tari Pamonte sudah ada dan dikenal oleh masyarakat Sulawesi Tengah sejak tahun 1957.

Makna Tari Pamonte:

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Tari Pamonte ini menggambarkan kehidupan masyarakat Suku Kaili pada saat musim panen padi tiba.

Pertunjukan Tari Pamonte:

Dalam pertunjukannya, Tari Pamonte ditarikan oleh para penari wanita. Jumlah penari Tari Pamonte ini biasanya terdiri dari 10 orang penari dan seorang Penghulu yang disebut dengan Tadulako.

Pengiring Tari Pamonte:

Dalam pertunjukan Tari Pamonte biasanya diiringi oleh musik tradisional seperti Ngongi, Ganda dan alat musik tradisional Sulawesi Tengah lainnya.

Kostum Tari Pamonte:

Dalam pertunjukan Tari Pamonte, penari menggunakan kostum layaknya para petani dan dipadukan dengan gaya tradisional Sulawesi Tengah.

Perkembangan Tari Pamonte:

Dalam perkembangannya, Tari Pamonte masih terus dilestarikan dan dikembangkan di daerah Sulawesi Tengah.

BACA SELENGKAPNYA DI HARIAN KAILI POST…!

Pos terkait

banner 580x60