Paradise Papers dan Investigasi Jurnalis

  • Whatsapp

Sumber: hidayatullah.com

SUMBER,- BEBERAPA Hari terakhir media diramaikan dengan laporan seputar orang-orang kaya dunia yang menyembunyikan hartanya di luar negeri. Berita itu ditulis berdasarkan bocoran dokumen yang disebut Paradise Papers. apakah Paradise Papers itu?, berikut paparan singkatnya. Paradise Papers adalah bocoran dokumen-dokumen finansial seputar harta-harta dan investasi yang disimpan di luar negeri. Dokumen itu memberi gambaran usaha keras yang dilakukan para jutawan dan miliarder di dunia untuk menyembunyikan harta mereka supaya terhindar dari pajak yang lebih tinggi di negaranya.

Seperti bocoran Panama Papers tahun lalu, dokumen dalam Paradise Papers didapatkan oleh koran terkemuka Jerman, Süddeutsche Zeitung, yang menggandeng International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) untuk mengawal investigasinya. Nama Paradise Papers diambil karena wilayah, teritori, atau negara yang dipilih sebagai tempat persembunyian harta itu selama ini dikenal sebagai tujuan wisata kelas atas, di mana biasanya orang-orang kaya berlibur menikmati keindahan alam layaknya berada di surga. Ambil contoh, Bermuda, Isle of Man dan Caymand Island. Selain itu, istilah ini cocok sekali dengan istilah tax haven dalam bahasa Prancis, paradis fiscal.

Apa itu surga pajak (tax haven)? Istilah ini dipakai media untuk menyebut tempat atau negara di mana individu (baik perorangan atau perusahaan) bisa menikmati kebebasan dari membayar pajak atau mendapatkan diskon pajak sangat besar. Negara yang dikenal sebagai surga pajak antara lain Swiss, Irlandia dan Belanda. Mereka memiliki mekanisme pengurangan pajak yang sangat menggiurkan bagi orang-orang kaya. Sementara teritori seperti Bahama, Isle of Man dan Caymand Island, selain dikenal kondisi geografisnya yang indah seperti surga, di sana juga terdapat banyak perusahaan di mana uang-uang korporasi dan orang kaya dari berbagai penjuru dunia bisa diolah sedemikian rupa sehingga tidak kelihatan, dan kalaupun terlihat hanya akan menimbulkan pajak yang kecil.

Siapa saja yang diungkap dalam Paradise Papers? Sejauh ini ratusan nama pejabat, politisi, selebriti, yang akrab di telinga masyarakat sudah berhasil diidentifikasi, serta nama perusahaan dari berbagai sektor, termasuk firma hukum, lembaga keuangan, akuntan yang terlibat di dalamnya. Dari sisi jumlah dokumen yang dibocorkan, Panama Papers jauh lebih besar, tetapi Paradise Papers lebih mengundang perhatian.

BACA SELENGKAPNYA DI HARIAN KAILI POST…!

Berita terkait