Ali Rizal Binol, Pahlawan Kemanusiaan

  • Whatsapp
banner 728x90

SEKRETARIS Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr H Moh Hidayat Lamakarate MSi yang juga selaku Ketua Palang Merah Indonesia Provinsi Sulteng bersama perwakilan PMI Pusat H Muhammad Muas SH menyerahkan Penghargaan Pahlawan Kemanusiaan kepada Almarhum Drs Ali Rizal Binol, pada Kamis (11/4/2019) di ruang kerja Sekdaprov Sulawesi Tengah.

Penyerahan penghargaan Adi Prasaja ini diserahkan oleh Letnan Jendral. Doni Monardo selaku Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia pada tanggal, 25 Maret 2019 pada pertemuan BNPB Seluruh Indonesia di Provinsi Bali.

Hidayat Lamakarate pada kesempatan tersebut menyampaikan selaku Ketua Palang Merah Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas upaya pemerintah untuk memperhatikan para relawan yang bekerja tanpa pamrih untuk kemanusiaan, hal ini merupakan pertama kali PMI berdiri sejak tahun 1974. Dan kepada istri Almarum Ali Rizal Binol Ketua PMI Sulawesi Tengah mengharapkan tabah dan sabar atas kepergian Almarhum.

Selanjutnya pengurus PMI Pusat H Muhammad Muas SH menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan sinyal bahwa PMI adalah bahagian dari perjuangan tanpa pamrih yang akan di legitimit secara baik oleh Negara agar semua orang mengetahui bahwa PMI bahagian dari pada membantu pemerintah, untuk itu kita merasa bangga dengan apa yang dilakukan oleh negara untuk mulai memperhatikan walaupun hanya selembar kertas, Insya Allah lambat laun kita mengharapkan bahwa negara memperhatikan relawan yang sedang bertugas dan meninggal itu dapat di makamkan di taman makam pahlawan, sebagaimana BNPB yang telah memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Ali Rizal atas sumbangsih dan darma baktinya dalam kegiatan penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah.

Penghargaan ini diserahkan kepada 5 (lima) orang sebagai pahlawan kemanusiaan yang salah satunya adalah Drs. Ali Rizal Binol, yang berasal dari Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah, 3 (tiga) orang berasal dari Provinsi NTB, dan 1 (satu) orang berasal dari Provinsi Jawa Barat Bogor.

Pada kesempatan tersebut Ketua Palang Merah Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si bersama Pengurus PMI pusat H. Muhammad Muas, SH menyerahkan secara simbolis Alat Perlindungan Diri (APD) Onjob Training kepada perwakilan relawan PMI Kota Palu sebanyak 300 orang.**

Sumber: Humpro Sulteng

Berita terkait