APS Galang Dana untuk Sentani

  • Whatsapp

Aliansi Peduli Sentani (APS) kota Palu terus melakukan penggalangan dana guna membantu korban bencana alam yang terjadi di Sentani Jaya Pura.

Menurut salah satu anggota APS setelah mendapatkan bantuan yang di galang dari masyarakat sudalwesi tengah mereka akan menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada warga Sentani Jaya Pura.

“Kami sudah memutuskan, bantuan kamanusiaan yang telah kami galang, rencananya akan kami bawa dan serahkan langsung kepada warga pengungsi yang menjadi korban bencana banjir di Sentani Jaya Pura,” kata Takdir, Senin (1/4/2019).

Dirinya menerangkan, anggota dan pengurus aliansi sudah menunjuk dan menyepakati delegasi berupa tim relawan kemanusiaan yang akan diberangkatkan, sebanyak tiga orang sekaligus  mewakili seluruh kawan APS kota Palu memberikan bantuan kemanusiaan ini langsung ke warga-warga dipengungsian. Untuk pengadaan logistik makanan dan kebutuhan dasar lainnya akan diadakan di Jaya Pura.

“Sesuai kesepakatan, tim akan belanja logistik setibanya mereka di Jaya Pura, dan sekaligus mereka melakukan distribusi langsung ke korban-korban bencana sambil mengidentifikasi apa saja yang menjadi kebutuhan vital warga di pengungsian saat ini,” ujarnya.

Katanya, pendistribusian logistik dan kebutuhan para korban bencana Sentani jaya pura tersebut mereka tidak mau kecelongan seperti terjadi  di beberapa daerah yang mereka distribusikan, informasi yang mereka terima bantuan itu tidak tepat sasaran yang seharusnya mendapatkan bantuan malah tidak dapat Sementara itu, tim yang di delegasikan oleh APS kota Palu, akan berangkat melalui transportasi udara. Jumlah total donasi penggalangan hasil partisipasi dari berbagai elemen masyarakat kota Palu berjumlah sekitar Rp 35 juta, selama kurang lebih satu minggu kegiatan penggalangan donasi tersebut dilaksanakan.

“Untuk biaya perjalanan teman-teman tim yang berangkat, biayanya itu hasil bantingan dari kawan-kawan internal aliansi, serta mereka juga siapkan dana pribadi untuk kebutuhan mereka disana. Sebelum tim berangkat kita juga akan melayangkan surat pemberitahuan ke Pemkot Palu, agar tim ini diketahui oleh pemerintah setempat,” tuturnya.

Diketahui Aliansi Peduli Sentani (APS) kota Palu tersebut, di promotori oleh mahasiswa dari berbagai universitas di kota Palu, melalui konsolidasi dari beberapa lembaga-lembaga internal kampus dan eksternal kampus, diantaranya lembaga HMP,  FPPI, Himabris, Himagi, Himabta, Imk, Morality, Pagasi for Humanity, dan Bahodopi.**

Reporter: Dedy

Berita terkait