Basir Cyio, Berkompeten Pimpin Sulteng

  • Whatsapp

PENGAMAT Politik dan Kebijakan Publik, Dr Irwan Waris, menilai mantan Rektor Universitas Tadulako (Untad) dua periode, Prof Dr H Muhammad Basir Cyio SE MS, adalah sosok yang sangat dipandang berkompeten untuk maju sebagai Gubernur atau Wakil Gubernur di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Diketahui, nama Prof Basir, sosok mantan Rektor Universitas Tadulako dua periode, tersebut turut mencuat untuk ikut serta dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Suteng pada tahun 2020 mendatang.

“Saya kira mantan Rektor bisa direkomendasikan, kenapa tidak, entah itu Gubernur atau Wakil Gubernur,” kata Irwan, saat ditemui di Untad, Selasa (30/4/2019).

Lebih lanjut, Irwan menilai, pengalaman Prof Basir yang memimpin Untad selama delapan tahun (dua periode) dapat menjadi modal berharga untuk dapat memimpin Provinsi Sulteng ke depan.

@Mantan Rektor Untad Prof Dr H Muhammad Basir Cyio SE MS

“Memimpin kampus ini tidak mudah loh. Pengalaman beliau memimpin kampus, pengalaman di dunia kewartawanan yang berhubungan dengan banyak orang, saya kira itu modal dasar untuk menjadi pemimpin Sulteng,” ujarnya lagi.

Olehnya, Irwan juga menyebutkan, jika nantinya maju dalam kontestasi Pilgub Sulteng, maka Prof Basir akan cocok jika berpasangan dengan sosok yang berasal dari kalangan politikus.

“Saya kira paketnya cocok dari politikus. Jangan sama-sama birokrat, karena Prof Basir ini kan akademisi birokrat juga,” pungkasnya.**

Berita terkait