292 Calon Polisi di Sulteng Dinyatakan Lulus Sementara

  • Whatsapp
banner 728x90

WAKIL Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) Kombes Polisi Setyo Boedi Moempoeni Harso memimpin jalannya sidang kelulusan sementara tingkat panitia daerah (panda) pada penerimaan calon anggota Polri tahun anggaran 2019 di aula Torabelo, Selasa (25/6/2019).

Dalam acara tersebut, selain peserta seleksi dan orang tua atau wali, juga dihadiri sejumlah pejabat utama Polda Sulteng diantaranya Irwasda, Kombes Polisi Aries Syarief Hidayat, Karo SDM  Kombes Polisi Muslikhun.

Selain itu juga dihadiri ketua dan anggota tim supervisi Mabes Polri,
para pengawas, baik internal maupun eksternal, serta para panitia.

Dalam sambutannya, Wakapolda Sulteng menyatakan pelaksanaan sidang
kelulusan sementara peserta seleksi penerimaan Polri yang dilaksanakan secara terbuka itu merupakan wujud transparasi seleksi dalam menentukan peserta yang memperoleh kesempatan untuk mengikuti tahap supervisi.

Polri bertekad untuk menyelenggarakan sistem seleksi yang bersih, transparan, akuntabel, dan humanis sesuai dengan tuntutan dan harapan masyarakat guna menghasilkan Polri yang profesional, bermoral, dan modern serta memiliki watak yang menjunjung tinggi kebenaran, keadilan dan kejujuran, serta berpedoman kepada moral dan kode etik kepolisian.

Olehnya, dibutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara aktif
dan optimal dalam pengawasan pelaksanaan penerimaan Polri tahun 2019 secara terpadu, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sistem penerimaan personel Polri yang bersih, transparan, akuntabel, dan humanis serta clear and clean dapat terwujud.

“Saya perlu sampaikan bahwa, sidang kelulusan sementara untuk
penerimaan terpadu personel Polri tahun ini merupakan bagian dari tahapan seleksi guna menentukan para calon personel Polri yang lulus terpilih untuk dapat menjalankan tahapan proses selanjutnya yaitu tahapan supervisi Mabes Polri,” kata Wakapolda Sulteng, seperti dilansir Humas Polda Sulteng.

Ia menegaskan, kepada seluruh para peserta seleksi, orang tua peserta,
panitia dan pengawas internal maupun eksternal agar melaporkan apabila terdapat oknum-oknum tidak bertanggungjawab yang ingin meluluskan para peserta.

Adapun hasil sidang kelulusan sementara untuk tingkat panda Polda
Sulteng yakni Akademi Kepolisian (Akpol) sebanyak lima peserta yang berhak mengikuti tahap supervisi tingkat pusat di Semarang, Jawa Tengah.

Bintara Polisi Tugas Umum (Ba Polgasum) sebanyak 237 peserta, terdiri
dari 222 pria dan 15 wanita yang berhak untuk mengikuti tahap supervisi.

Bintara Kompetensi Khusus sebanyak 37 peserta terdiri dari 31 pria dan
enam wanita yang berhak untuk mengikuti tahap supervisi, serta Tamtama 13 orang, sehingga total keseluruhan sebanyak 292 orang.

Sebelumnya, seluruh peserta seleksi telah mengikuti sejumlah rangkaian
tes meliputi pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, tes kesamaptaan jasmani, tes psikologi, uji akademik dan tes penelusuran mental kepribadian.**

Reporter: Ikhsan Madjido

Berita terkait