Buka Rakor KPA Secara Virtual, Ini Harapan Gubernur Sulteng

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Longki Djanggola secara resmi membuka Rapat Koordinasi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Sulteng dan KPA Kabupaten/Kota Se-Sulteng yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (29/09/2020).

Dalam sambutannya, Longki Djanggola mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Komisi Penanggulangan AIDS Sulteng, karena pengendalian HIV-AIDS memerlukan keterlibatan dari semua unsur.

Sesuai data dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng, bahwa penemuan kasus HIV secara kumulatif tahun 2002 sampai dengan April tahun 2020 berjumlah 1.905 kasus Hal ini dapat diartikan bahwa jumlah kasus HIV yang terungkap baru mencapai 45,47 persen dari estimasi kasus HIV di Provinsi Sulteng tahun 2016 sejumlah ± 4.189 kasus.

Untuk itu masih perlu peningkatan penemuan kasus melalui sosialisasi yang dilanjutkan dengan konseling dan tes HIV secara sukarela.

Menurutnya, saat ini kasus HIV-AIDS yang sudah ditemukan belum semua terobati dan yang diobati masih banyak yang drop out. Hal ini berkaitan dengan ketersediaan sumber daya yang semuanya membutuhkan biaya operasional.

Ia pun menyampaikan dalam masa pandemi Covid-19, upaya penanggulangan HIV harus tetap berjalan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri nomor: 440/4532/sj tahun 2020 tentang Pelaksanaan Penanggulangan Hiv-Aids dan Tuberkulosis selama pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan.

Ia pun berharap agar Dinkes Provinsi, Kabupaten/Kota untuk menindaklanjuti dengan merencanakan kegiatan sesuai petunjuk SPM dalam rangka pencapaian target SDGS. Sekretaris KPA Provinsi, Kabupaten dan Kota agar aktif melakukan koordinasi dengan OPD terkait serta anggota KPA lainnya, OPD terkait mengintegrasikan kegiatannya dalam penanggulangan AIDS sesuai tupoksi masing-masing.

Melalui koordinasi dan kerjasama yang baik laju perkembangan epidemi HIV-AIDS bisa ditekan menuju 3 Zeroes yaitu Zero New HIV Infection, Zero Stigma and Discrimination dan Zero AIDS Related Death.

Lebih lanjut, ia berharap kepada para peserta rapat koordinasi untuk betul-betul bekerja keras mengendalikan penularan Covid-19 di Kabupaten/Kota karena Provinsi Sulteng terjadi peningkatan yang sangat signifikan di daerah tertentu diantaranya Palu, Donggala, Morowali, Banggai, Poso dan Sigi.

“Saya harap dengan sangat untuk pemerintah daerah kabupaten tersebut untuk betul-betul lebih serius di dalam melaksanakan tracking tracing dan testing,” pungkasnya.***

Sumber: Humas Pemprov Sulteng

Berita terkait