PKM Dorong Pengembangan Rumah Pangan dan Klinik Tumbuhan Obat Serta Budidaya Ikan di Potoya

  • Whatsapp
banner 728x90

Sigi,- Sebagai salah satu bentuk tridharma Perguruan Tinggi (PT), melalui skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Tim Dosen dari Universitas Tadulako (Untad) melakukan “Pengembangan Rumah Pangan dan Klinik Tumbuhan Obat serta Budidaya Ikan dalam Kolam Terpal untuk Pemenuhan Pangan dan Gizi serta Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat” di Desa Potoya Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi.

PKM ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan rumah pangan dan klinik tumbuhan obat serta budidaya ikan dalam kolam terpal untuk pemenuhan pangan dan gizi serta peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang berlangsung selama 3 (tiga) bulan.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan pengabdian yang diketuai oleh Dr. Ir. Idham, M.P. merupakan dosen Fakultas Pertanian Untad dengan anggota Ir. Madinawati, M.Si. dosen Fakultas Peternakan dan Perikanan Untad tersebut adalah Penyuluhan, pelatihan dan demonstrasi demplot, dengan mitra kegiatan adalah kelompok Dasawisma Melati yang diketuai oleh ibu OLHA.

Turut hadir pada kegiatan tersebut adalah BPD Desa Potoya Mohammad Kadri yang sekaligus membuka acara pelatihan dan demonstrasi Demplot Target dan keluaran yang dicapai adalah termanfaatkannya halaman pekarangan rumah masyarakat menjadi rumah pangan dan klinik tumbuhan obat dan untuk usaha budidaya ikan dalam kolam terpal untuk pemenuhan pangan dan gizi serta peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Ketua Tim PKM, Dr. Ir. Idham, M.P, mengatakan hasil pelaksanaan PKM menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat.

“Demplot RPL dan budidaya ikan lele dalam kolam terpal dapat membantu masyarakat mendapatkan sumber pangan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari serta dapat memperoleh sumber penghasilan untuk menopan kebutuhan keluarga,” ujarnya, Rabu (25/11/2020).

Ia melanjutkan, dengan selesainya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, tim pelaksana menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

“Sesuai dengan Perjanjian Penugasan Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat Nomor: 091/SP2H/PPM/DRPM/2020, tanggal 16 Maret 2020,” tutur Ketua Tim PKM, Dr. Ir. Idham, M.P.***

Sumber: Tim PKM Untad

Berita terkait