Realisasi Huntap di Palu Baru 2.080 Unit, Masih Kurang 4.000 lebih

  • Whatsapp
Foto: Infopena.com
banner 728x90

Palu,- Realisasi pembangunan Hunian Tetap (Huntap) bagi penyintas bencana alam Kota Palu, sebanyak 2.000 lebih unit.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Palu, Singgih Prasetyo, Kamis (14/1/2021) di ruangannya.

Bacaan Lainnya

Jumlah Huntap yang telah terbangun meliputi Budha Tzuchi 1.500 unit, AHA Center 100 unit, Pemkot Surabaya 11 unit, Kelurahan Duyu 230 unit, Kelurahan Balaroa 200 unit, Kelurahan Mamboro 39 unit, dengan total keseluruhannya sebanyak 2.080 unit. Sementara, total kebutuhan Huntap bagi korban bencana alam Kota Palu sebut Singgih Prasetyo, sebanyak 4.000 unit lebih.

“Saat ini kami masih melakukan pendalaman validasi data masyarakat. Karena warga yang mendaftar ke kantor BPBD, masih banyak yang belum mensherlok lokasi rumahnya. Padagal kami telah menyampaikan hal tersebut ke pihak kelurahan,” sebutnya.

Namun, dalam waktu dekat ini, pihaknya mengaku akan terus mengupayakan agar melakukan validasi data warga.

Menurutnya, banyak masyarakat yang mendaftar sebagai calon penerima Huntap digugurkan. Karena tidak memenuhi syarat. Diantaranya bukan pemilik tanah atau hanya mengontrak maupun tinggal di kos-kosan.

Terkait polemik pembangunan Huntap di wilayah Kelurahan Petobo, Kaban BPBD Kota Palu mengaku tidak memiliki kewenangan untuk menjawabnya. Karena hal itu merupakan kebijakan dari Walikota terpilih.

“Masyarakat Petobo berharap pembangunan Huntap di wilayahnya sendiri. Namun saat ini kita menampungnya di Huntap I wilayah Tondo dan Talise,” jelasnya. ***

Reporter: Firmansyah Lawawi

banner 780x80

Pos terkait

banner 780x80