Keterlaluan! Lagi-lagi Penutup Besi Drainase di Palu Digondol Maling

PALU,- Sungguh memilukan perbuatan oknum tak bertanggung jawab satu ini. Pasalnya, manhole cover atau penutup besi drainase di jalan Diponegoro, Kota Palu, dilaporkan hilang dari pandangan. Diduga kuat manhole cover tersebut dicuri karena nilai jual yang cukup tinggi.

Sebelumnya, seperti diwartakan kailipost.com pada pertengahan Februari lalu, kejadian yang sama juga terjadi di jalan Basuki Rahmat, sejumlah manhole cover tersebut lenyap padahal belum genap sepekan dipasang di jalan tersebut.

Sementara, manhole cover di jalan Diponegoro sendiri berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi, hilang setelah baru dua hari di pasang oleh Pemkot Palu dan merupakan aset daerah.

“Penutup drainase yang terbuat dari besi ini baru terpasang dua hari lalu di salah satu titik pekerjaan proyek rehab dan rekon jalan Diponegoro Palu. Tapi Jum’at (19/03/2021) kemarin alat yang juga biasa disebut manhole ini sudah tidak ada, hilang dicuri. Oh rangaaaa,” tulis warganet @arlyparenrengi_maming di Instagram.

Kehilangan aset daerah yang bukan merupakan kejadian pertama ini menyurut pertanyaan kepada Pemerintah terkait keseriusan menjaga asetnya. Pasalnya, sejak awal hilangnya manhole cover di jalan Basuki Rahmat bulan lalu, sepertinya tak satupun pencuri yang berhasil diciduk petugas dan diamankan.

Fungsi manhole cover sangatlah vital, karena jika penutup drainase hilang akan meninggalkan lubang yang tentunya membahayakan bagi warga yang melintas. Selain itu, manhole cover juga berfungsi untuk memendam bau tak sedap dari selokan.

Dari dua kejadian ini (Basuki Rahmat dan Diponegoro), menarik ditunggu apa tindakan dan strategi Pemkot Palu untuk memberi efek jera terhadap pelaku? Atau akankah masih kembali melakukan kesalahan yang sama di tempat (jalan) lain?

(SALAM REDAKSI/Indra)

banner 728x90

Pos terkait