Bupati Kasman Jogetan di Masa Pandemi, Nasdem Tegur Keras!

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Akhirnya, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Provinsi Sulawesi Tengah menegur keras kadernya Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Donggala, Kasman Lassa Jumat, 27 Agustus 2021.

Teguran keras itu akibat viralnya cuplikan empat video durasi tak sampai semenit Kasman menyanyi dan berjoget di sebuah pesta di wilayah Tanjung Batu, Banawa Kamis 26 Agustus 2021. Kasman berjoget dengan warga tanpa masker dan tanpa jarak sebagaimana amanah protokol kesehatan.

Surat DPW Nasdem Sulteng ditandatangani Ketua Atha Mahmud dan Sekretaris Muslimun. Surat Nomor 091 sifatnya khusus dan diteruskan ke Ketua Umum DPP Nasdem.

Sementara kepada media lain Kasman berkilah bahwa ia berjoget untuk meningkatkan imun warga di tengah pandemi. Argumen bupati itu di beberapa media sosial akhirnya menjadi olok – olok dan bahan bullian.

Hingga kini Satgas Covid Sulawesi Tengah dan Kabupaten Donggala belum memberikan keterangan pers secara resmi. Tidak diketahui pasti mengapa Satgas Covid tiba – tiba lamban menyikapi hal ini. ‘’Satgas mana bisa menindak pejabat. Satgas kalau menegakkan aturan ke bawah tegas. Ke atas tumpul,’’ sindir wartawan senior Mardison Bau di WAG PPID Sulteng.

Sebelumnya, Nasdem Sulteng geram dengan prilaku kadernya yang tidak memiliki sense of empaty (rasa empati) dan sense of crisis masyarakat akibat pandemi corona 19 hingga kini.

Nasdem juga menilai bahwa pejabat terutama dari kader Nasdem mestinya memberikan teladan kebaikan dan rasa prihatin akibat wabah banyak masyarakat yang susah, putus usaha, putis kerja dan sulit mengakses potensi ekonomi.

‘’Sikap Bupati Donggala sangat tidak mendidik masyarakat di tengah penerapan PPKM. Sebaiknya sebagai pemimpin mampu menahan diri,’’ demikian keterangan pers Ketua DPW Partai Nasdem Sulteng, Atha Mahmud sesuai pesan elektronik ke redaksi pagi Jumat ini. Atha juga membenarkan partai akan menegur yang bersangkutan sebagai kader.

Sebelumnya, Kamis 26 Agustus beredar masif video berdurasi kurang satu menit Kasman Lassa yang terdengar menyanyikan lagu Kaili dengan penggalan syair ‘’Ose…ose Sakaya…’’ sempat mengajak/memprovokasi/menyemangati ibu – ibu yang hadir untuk berjoget bersama larut suka cita.

Video lainnya, Kasman asyik masyuk berjoget dengan biduan cantik yang menyanyikan lagu dangdut, ‘’Bila hatiku sedang rindu…pada siapa ku mengadu,’’ Bupati benar – benar dalam video itu menikmati alunan lagu dan membaur bersama warga pesta.

Di sisi lain, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura beberapa kali mengeluh ke Kapolda soal banyaknya pesta pernikahan yang melanggar Prokes. Misalnya; ketika Gubernur Cudy ke Langaleso. Beberpa kali ia melihat banyak pesta dan yang hadir tidak menggunakan masker, jaga jarak dan lainnya. Gubernur berulang kali menghimbau agar pemerintah daerah dan masyarakat untuk sadar masa pandemi, wabah untuk taat dengan ketentuan.

Empat video dengan durasi rata – rata kurang satu menit ‘joget Bupati Kabupaten Donggala Kasman Lassa di masa pandemi’ bukti bahwa jajaran pemerintahan di Sulteng belum kompak. Belum satu irama menghadapi wabah covid. Padahal nyata sejumlah rakyat dalam kurun Agustus ini banyak yang meninggal dunia akibat virus C 19. ***

jurnalis utama kailipost.com : andono wibisono

Berita terkait