Covid-19 Belum Usai, Walikota Palu Ajak Sambut 1 Muharram Dengan Doa dan Zikir Bersama

  • Whatsapp
Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid di salah satu kegiatan menemui warga/Foto: IST
banner 728x90

Palu, Walikota Palu Hadianto Rasyid mengajak masyarakat dalam menyambut tahun baru Islam (1 Muharram) dengan doa dan zikir bersama. Hal ini sesuai surat edaran Walikota Palu nomor 451/1763/Kesra/2021. Hadianto Rasyid menjelaskan dalam surat tersebut bahwa, ajakan ini merupakan sebagai bentuk upaya meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan agar Covid-19 bisa segera berakhir.

“Ini merupakan upaya dalam meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dal menyambut baru tahun Islam 1 Muharram 1443 Hijiriah, serta demi keselamatan seluruh lapisan masyarakat Kota Palu atas meningkatkatnya penyebaran virus covid-19,” ujar Hadi dalam isi surat tersebut.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam doa dan zikir nanti antara lain:

1) Kepada seluruh masyarakat muslim Kota Palu, untuk membaca Alquran Surat Yasin dan Surat Ar-rahman ba’da sholat ashar, Surat Yasin dan Surat Mulk ba’da sholat magrib, dan Surat Yasin dan Surat Al-Wakiah ba’da sholat subuh di rumah masing-masing.

2) Kepada seluruh imam dan pegawai syara masjid se kota Palu untuk menyelenggarakan pembacaan shalawat dzikir dan doa di masjid dan musala dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah dan bermohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar masyarakat Kota Palu dan bangsa Indonesia diberikan kesehatan dan keselamatan serta dijauhkan dari musibah dan bencana baik alam maupun non alam.

3) Pelaksanaan pembacaan dzikir shalawat nabi dan doa tersebut dilaksanakan di masjid atau Mushala yang hanya dihadiri oleh Imam dan pegawai syara dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat:
a. Memakai masker
b. Mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir
c. Menjaga jarak
d. Menghindari kerumunan dan
e. Mengurangi mobilitas

4) Menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan secara ketat. ***

Reporter: Zein Fathur Ramadhan

Berita terkait