Sambut HUT Proklamasi RI Ke-76, Dinas Pertanian Morowali Siap Gelar Gerakan Tanam Padi Organik

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Morowali, Andi Irman saat menjelaskan ketersediaan stok beras di Kabupaten Morowali/Foto: Bambang/@kailipostcom

Morowali,- Berbagai cara dilakukan untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 2021 ini. Salah satunya adalah Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Morowali yang bakal menggelar Gerakan Tanam Padi Organik pada hari ini, Kamis (5/8/2021).

Andi Irman selaku Kadis mengatakan bahwa tempat pelaksanaan kegiatan berlokasi di halaman belakang kantor Dinas Pertanian, yang disulap menjadi areal persawahan sebagai bentuk usaha tani gabungan, memanfaatkan genangan air sawah yang tengah ditanami padi sebagai kolam untuk budidaya yang memaksimalkan hasil tanah sawah.

Dengan demikian kata Andi Irman, hal itu dapat meningkatkan efisiensi lahan karena satu lahan menjadi sarana untuk budidaya dua komoditas pertanian dan perikanan sekaligus yang biasa disebut Mina Padi.

Ditambahkannya, gerakan tanam padi organik tersebut merupakan salah satu perjuangan masa kini di bidang pertanian, dimana Indonesia dikenal sebagai negara agraris, kaya akan hasil bumi dan tanah yang subur sehingga harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghargai hasil perjuangan para pahlawan kita di masa dulu, sesuai dengan bidang kami, bersama dengan Sekretaris Pak Abdul Muttaqin Sonaru serta seluruh jajaran Dinas Pertanian memilih gerakan tanam padi organik ini untuk mempertahankan ketersediaan pangan di masa yang akan datang. Insya Allah ini akan ada manfaatnya bagi masyarakat Morowali, khususnya dalam mensukseskan progam Pemerintah Daerah, yakni Sejahtera Bersama” ungkap Andi Irman.

Iapun berharap agar dengan ditanamnya bibit padi organik tersebut akan dapat menambah stock beras di masa yang akan datang, apalagi saat pandemi sekarang ini. ***

Reporter: Bambang Sumantri

Pos terkait