Gubernur Sulteng Bukan Pingsan, Tapi Kelelahan Akibat Suhu di Titik Nol IKN

  • Whatsapp
Foto : Presiden Joko Widodo sedang membuka bungkusan kopi bersama Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura dan Menteri PU Basuki Hadimuljono
banner 728x90

jurnalis utama kailipost.com : andono wibisono

PENAJAM PASER UTARA – Kabar bahwa Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura pingsan saat mengikuti ritual penyatuan tanah dan air di lokasi titik Nol Kilometer Ibukota Negara (IKN) Nusantara dibantah Kepala Biro Adminitrasi Pimpinan Setdaprov Eddy Lesnusa.

Menurutnya, perlu diluruskan kabar tersebut. Menurut Eddy, di lokasi Nol Kilometer IKN suhu udara mencapai 40 derajat. Sangat panas. 34 gubernur se Indonesia berkumpul di sana dan menunggu Presiden Joko Widodo hingga dua jam lebih.

‘’Bapak hanya kelelahan saja dan dehidrasi. Karena berangkat pagi dan tidak sarapan. Di lokasi sangat panas suhunya. Usai acara bapak hanya butuh air dan kelelahan. Kalau pingsan itu tidak sadar. Bapak gubernur masih duduk di kursi saja. Hanya lunglai,’’ jelas Eddy ke redaksi sesaat setelah acara tersebut, Senin 14 Maret 2022 di PPU, titik Nol Kilometer IKN.

Hal senada juga diungkapkan Tenaga Ahli Gubernur bidang Ekonomi dan Investasi Ronny Tanusaputra. ‘’Panas sekali di lokasi. Saya saja tidak tahan. Dua jam menunggu presiden. Jadi bukan pingsan,’’ tambahnya.

Di acara itu Gubernur Cudy, sapaan Rusdy Mastura mendampingi Presiden Jokowi dalam acara ritual penyatuan tanah dan air. Diketahui ritual itu tujuannya agar unsur air dan unsur tanah dapat menyatu.*

Berita terkait