Jalur Seleksi Mandiri di Fakultas Teknik akan Menarik Dana Hibah Sukarela

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu, Minat masuk di Fakultas Teknik Universitas Tadulako Animonya dari tahun ke tahun semakin meningkat. Fakultas Universitas Tadulako yang terdiri 13 (tiga belas) Prodi kemungkinan dalam penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2022 khusus yang masuk tahap seleksi Mandiri masuk PTN (SMMPTN) akan menarik Dana hibah sukarela bagi orang tua calon mahasiswa, demikian diskusi dalam Rapat Senat Fakultas Universitas Tadulako yang dipimpin ketua Senat Fakultas Teknik Universitas Tadulako Dr.Ir.Syamsul Arifi, M.Sc (28/03/2022).

Senat Akademik Fakultas Teknik Untad dalam kegiatan tersebut menghadirkan Narasumber Dekan Fakultas Kedokteran Dr.dr. Muh Ardi Munir, M.Kes., Sp.OT, FICS, MH. Dalam paparan Ardi menjelaskan pengelolaan dana hibah berdasarkan UU No 12 Tahun 2012, Pasal 84 ayat 1 dan 2, Permendikbud No 25 tahun 2020 Pasal 10 ayat 1 yang menyatakan bahwa masyarakat dapat berperan dalam pendanaan dan Pendanaan yang bersumber dari masyarakat dapat berupa: hibah, wakaf dan sumbangan individu.

Selanjutnya Ardi Menjelaskan bahwa di Fakultas Kedokteran penarikan dana hibah masuk seleksi mandiri dengan mempertimbangkan Kebutuhan operasional Tridharma Perguruan Tinggi di Fakultas Kedokteran yang sangat besar, Kebutuhan fasilitas Sarana prasarana yang sangat banyak dan mahal khususnya laboratorium, skill laboratorium dan kebutuhan Rumah sakit Jejaring. Tuntutan Pendidikan Kedokteran yang sangat dinamis dan membutuhkan pembiayaan menjadi salah satu pertimbangan juga untuk penarikan dana hibah dari masyarakat.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Tadulako Dr Eng.Ir.Andi Rusdin, ST,MT, MSc, dalam arahanya Fakultas Teknik Universitas Tadulako meminta untuk Prodi-Prodi yang siap menarik hibah sukarela bagi orang tua calon mahasiswa harus segera membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) sesuai aturan Menteri keuangan dan Alokasi Anggaran diprioritaskan untuk Kebutuhan fasilitas Sarana prasarana, Alat Laboratorium dan Kegiatan Kemahasiswaan.

Dalam Rapat Senat Akademik Andi menambahkan Pimpinan Universitas memberikan ruang bagi fakultas Teknik untuk menarik dana hibah sukarela bagi orang tua calon mahasiswa. Andi Juga menegaskan akan koordinasi dengan pimpinan Fakultas untuk membuat Surat Keputusan Rektor tentang penarikan dana hibah sukarela bagi orang tua calon mahasiswa khusus yang masuk tahap seleksi Mandiri masuk PTN (SMMPTN) yang akan di mulai Tahun 2022.

Dalam diskusi Rapat Anggota Senat Akademik Fakultas Universitas Tadulako berkembang akan dilakukan secara bertahap untuk beberapa prodi yang minatnya cukup besar dan kisaran dana hibah akan ditetapkan antara 25 juta sampai dengan 50 juta. Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Teknik Universitas Tadulako Dr.Ir.Tutang Muhtar Kamaludin,ST ,MSi berharap penarikan dana hibah diprioritaskan untuk kegiatan di prodi yang melakukan penarikan dana supaya dirasakan oleh manfaatnya oleh mahasiswa prodi tersebut terutama kelengkapan sarana prasarana termasuk Alat laboratium sebagai penunjang akareditasi, dan penggunanaan anggararanya dilakukan secara akuntabel. (TMK) ***

Editor: Andono Wibisono

Berita terkait