Pesawat Amerika Julukan Kiamat Terbang Ke Eropa, Ada Apa?

  • Whatsapp
foto: Detik.com

Editor/sumber: Faqih Azzura/ Detik.com

Jogja- Pesawat Amerika yang dijuluki sebagai pesawat kiamat dirterbangkan langsung ke Eropa. Pesawat dengan jenis 747 E4-B Nightwatch rupanya menemani kunjungan Presiden Amerika Joe Biden selama 4 hari. Disebut sebagai pesawat kiamat karena pesawat itu didesain sebagai pusat kontrol dan komando andaikan ada perang nuklir,

Salah satu jet itu juga, sudah terbang ke marka Angkatan Udara Inggris di Suffolk. Pesawat itu juga sudah mengisi bahan bakar di udara saat melewati lautan atlantik. Dilansir dari detik.com, satu pesawat itu sedang standby atau disebut siaga sehingga sewaktu waktu bisa dipergunakan andai terjadi konflik nuklir. Jumlah pesawat tersebut ada 4 unit.

Pesawat ini dikerahkan jika Rusia akhirnya mengerahkan senjata nuklir terkait perang dengan Ukraina. Pesawat itu juga sering disebut dengan Pentagon Terbang karena menjadi markas udara para pejabat penting Amerika. Biden berada di Eropa untuk membahas agenda invasi Rusia ke Ukraina. Biden berada disana selama 4 hari, pesawat itu juga sudah dioprasikan sejak masa perang dingin di tahun 1980-an antara AS dengan Uni Soviet.   

Berita terkait