Sejarah! Timnas Basket Raih Emas

  • Whatsapp
banner 728x90

Editor/Sumber:Faqih Azzura/ Suara.com

Jogja- Timnas basket putra Indonesia mengakhiri perjuangannya di SEA Games 2021 dengan senyuman manis. Untuk kali pertama dalam sejarah, tim Merah Putih akhirnya berhasil membawa pulang medali emas dari multi event olahraga Asia Tenggara itu.

Timnas basket Indonesia keluar sebagai kampiun atau perah medali emas SEA Games 2021 setelah mengalahkan juara bertahan Filipina dengan skor 85-81 di partai ‘final’. Pertandingan berlangsung sangat ketat di mana Indonesia bahkan cuma mampu unggul dua kali dari empat kuarter yang dimainkan.

Pada kuarter pertama, Indonesia mampu unggul 18-14, sebelum Filipina memberi tekanan besar hingga kedua negara harus berbagi 18 poin di kuarter kedua. Sementara di kuarter ketiga, Indonesia justru kalah dalam perolehan poin yakni 27-28 sebelum bangkit dan unggul tipis 22-21 di kuarter terakhir.

Kemenangan ini membuat timnas basket Indonesia mencetak sejarah. Untuk kali pertama dalam ajang SEA Games, tim Merah Putih akhirnya sukses merebut medali emas. Sebelumnya, prestasi terbaik timnas basket putra Indonesia di ajang SEA Games adalah tiga kali runner-up atau medali perak pada 2007, 2015, dan 2017.

Hasil ini sekaligus menjadi menebusan dosa setelah untuk pertama kalinya sejak 2013, Indonesia gagal membawa pulang medali pada SEA Games 2019 lalu. ***

Berita terkait