Mau Tahu 7 Desa Terkaya di Indonesia? Mungkin Ini Desamu…

  • Whatsapp
Deretan desa terkaya di Indonesia (Foto: Istimewa)
banner 728x90

Jakarta,- Deretan desa terkaya di Indonesia berikut ini memiliki pendapatan yang fantastis dan mencapai miliaran rupiah.

Hal itu dilakukan melalui program Joko Widodo berupa Transfer ke Daerah dan Desa (TKDD) sejumlah desa di Indonesia berhasil mengembangkan potensi di daerahnya secara maksimal. Dan program ini berhasil mengubah desa berpendapatan rendah menjadi desa dengan pendapatan sangat tinggi.

Lantas, mana saja desa terkaya di Indonesia? Berikut ulasannya.

1. Desa Kutuh

Desa Kutuh menjadi desa paling kaya di Indonesia dengan pendapatan mencapai Rp50 miliar. Desa yang berada di Kuta Selatan, Badung, Bali ini termasuk desa yang berhasil dalam mengembangkan potensi pariwisatanya dan menjadi desa percontohan.

Upaya pengembangan pariwisata di Desa Kutuh ini bahkan sudah dilakukan sejak 1998, jauh sebelum adanya kebijakan TKDD. Wisata andalan Desa Kutuh seperti Pantai Pandawa, Gunung Payung Cultural Park, dan wisata lainnya yang menyuguhkan budaya di sana.

2. Desa Bendar

Desa Bendar berlokasi di Kecamatan Juwana, Pati. Mayoritas penduduk Desa Bendar ini bekerja sebagai nelayan dengan penghasilan sekitar Rp80 juta hingga Rp100 juta per bulan. Maka tak heran jika saat mengunjungi desa ini, kamu akan melihat jejeran rumah-rumah mewah dengan pilar-pilar yang besar. 

3. Desa Teluk Meranti

Desa terkaya di Indonesia selanjutnya adalah Desa Meranti yang berada di Riau. Desa ini sangat populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara terutama oleh para peselancar.

Bagi peselancar baik lokal maupun internasional tentunya sudah tidak asing dengan Ombak Bono. Ombak Bono merupakan gelombang air yang terletak di Sungai Kampar, Riau. Bukan hanya ombaknya, desa ini juga memiliki objek wisata lainnya seperti kegiatan budaya.

Berita terkait