Liverpool vs Newcastle: The Reds Menang Kontroversial 2-1

Roberto Firmino cetak gol penyeimbang di Liverpool vs Newcastle. (REUTERS/PHIL NOBLE)

Jakarta,- Liverpool menang dramatis 2-1 atas Newcastle United pada pekan kelima Premier League di Stadion Anfield, Kamis (1/9/2022) dini hari WIB.

Peluang pertama terjadi pada menit ke-18, Ryan Fraser melepaskan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti, tetapi masih melayang di atas gawang Alisson.

Gol pertama tercipta dari tendangan bebas pada menit ke-29 tidak bisa dimanfaatkan Kieran Trippier setelah sepakannya digagalkan Alisson.

Pertahanan The Magpies pada babak pertama begitu tenang dan solid. Meski kerap dalam tekanan The Reds, tetapi Dan Burn dan kawan-kawan selalu bisa menghalaunya.

Luis Diaz membuang peluang emas Liverpool untuk unggul pada menit ke-34. Diaz bisa melewati sejumlah pemain belakang Newcastle, termasuk kiper Nick Pope. Tetapi finishing Diaz pada gawang yang kosong masih membuat bola melayang di atas mistar.

Alih-alih mencetak gol lebih dahulu, Liverpool kebobolan oleh pemain baru Newcastle, Alexander Isak pada menit ke-38.

Gol itu bermula dari blunder Trent Alexander-Arnold yang salah melepaskan operan sehingga Newcastle bisa menguasai permainan dan menekan balik The Reds dari sisi kanan.

Sampai pada akhirnya Sean Longstaff memberikan umpan terobosan kepada Isak yang dengan mudah menaklukkan Alisson Becker.

Isak kembali membobol gawang Liverpool pada menit ke-55. Akan tetapi kali ini gol Isak dianulir karena offide.

Harvey Elliot bisa saja mencetak gol penyeimbang bagi Liverpool pada menit ke-60 jika tembakannya tidak ditangkap Martinez.

Gol yang ditunggu-tunggu Liverpool akhirnya datang pada menit ke-61 melalui Roberto Firmino yang memanfaatkan assist Mohamed Salah.

Dua penyelamatan penting dibuat Nick Pope saat menjinakkan dua peluang Luis Diaz. Pertama pada menit ke-79 saat menepis tendangan dari luar kotak penalti, dan kedua pada menit ke-81.

Liverpool akhirnya bisa comeback dengan kemenangan dramatis 2-1 atas Newcastle lewat gol telat Fabio Carvalho pada menit ke-90+8 yang memanfaatkan kemelut di depan gawang lawan.

Kemelut itu terjadi saat sepak pojok. Bola yang coba disapu bersih pertahanan Newcastle tidak berjalan baik, sampai akhirnya Carvalho bisa mendapatkan momentum dan memasukkan bola ke gawang Pope.

Kemenangan itu terlihat kontroversial karena asisten wasit awalnya hanya memberikan tambahan waktu lima menit. Akan tetapi wasit Andre Marriner tidak juga meniup peluit panjang sampai akhirnya gol terjadi pada tambahan waktu delapan menit.

Gol Carvalho itu pun diprotes kubu Newcastle dari pinggir lapangan. ***

Editor/Sumber: Rizky/cnn indonesia

Berita terkait