Gubernur Minta KPN Jadi Momentum di Seminar Nasional Hortikultura

  • Whatsapp
banner 728x90

Sulteng,- Gubernur Rusdy Mastura membuka Seminar Nasional Hortikultura dengan tema “Optimalisasi Sumberdaya Dan Inovasi Teknologi Hortikultura Mendukung Pengembangan Kawasan Nusantara”, bertempat di Hotel Best Western, Palu, Rabu (19/10).

Menurut Ketua panitia Seminar, DR.Ir.Baharudin, MT Seminar Nasional yang digagas Oleh Fakultas pertanian Untad dan bekerjasama dengan Perhimpunan Hortikultura Indonesia (Perhorti) ini bertujuan untuk menghimpun berbagai kebijakan Pemerintah dan hasil-hasil riset tersebut, selain itu kegiatan ini juga dirangkaikan dengan kegiatan wisata ilmiah (Scientific Tour) pada beberapa lokasi kampung Hortikultura yang berada di Kota Palu.

seminar ini di ikuti 94 Peserta, 34 mengikuti secara luring, 59 daring, turut hadir secara daring Pengurus Komda Perhorti Yogyakarta, Bengkulu, Sulawesi Barat, Papua, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Selatan

Pada kesempatan itu Gubernur mengatakan, pertanian memiliki peran strategis dalam pembangunan sulawesi tengah, maupun bagi bangsa dan negara indonesia.
bukan hanya memberikan kontribusi bagi ketahanan pangan tapi juga bagi perekonomian, khususnya pendapatan petani, pendapatan daerah dan penyerapan tenaga kerja.

selain itu Gubernur juga menyampaikan, sektor pertanian telah ditetapkan sebagai salah satu prioritas pembangunan RPJMD Sulawesi Tengah tahun 2021-2026.

sehubungan dengan itu, selaku pimpinan daerah Ia pun mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi atas seminar nasional hortikultura, menurutNya kegiatan ini sebagai sarana ilmiah untuk menghasilkan strategi, kiat dan kebijakan memajukan pertanian.

terlebih dengan adanya kawasan pangan nusantara dengan luasan mencapai 30 ribu hektar di sulawesi tengah merupakan peluang prospektif untuk menjadikan pertanian sebagai masa depan sulawesi tengah untuk itu, diperlukan sinergi dan kolaborasi lembaga-lembaga litbang daerah untuk terus mengkreasi riset dan inovasi terbaiknya supaya sulawesi tengah ke depan ini memiliki varietas-varietas unggul yang mudah dibudidayakan dan mampu berproduksi dengan maksimal. Jelas Gubernur Rusdy Mastura

Selain Gubernur Sulteng H.Rusdy Mastura, hadir dalam seminar ini Prihasto Setyanto (Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian) , Prof Slamet Susanto (Ketua Umum Pusat Perhimpunan Hortikultura Indonesia/Perhoti), Civitas Akademi Untad, Serta Muspida. ***

Sumber: Biro Adpim Setda Prov Sulteng

Berita terkait