Akhir 2022, Kata BI; Sulteng, Provinsi Pengendalian Inflasi Terbaik

  • Whatsapp
banner 728x90

SULTENG,- Kembali Provinsi Sulawesi Tengah mengukir prestasi. Setelah gubernurnya versi data Bappenas adalah gubernur terbaik peringkat ketiga pertumbuhan ekonomi 11,17 %, kini versi Bank Indonesia (BI) Sulteng meraih penghargaan sebagai daerah pengendali inflasi terbaik nasional.

Senin (31/10/2022) Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dodi Budi Waluyo depan Gubernur Rusdy Mastura dan anggota Komisi XI DPR RI Muhidin M Said di Palu mengaku meresmikan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) karena Sulteng dinilai provinsi yang dapat menjadi contoh positif pengendalian inflasinya.

‘’Kenapa mesti di sini (Sulteng) GNPIP diresmikan? Karena di daerah ini terbaik secara nasional pengendalian inflasi. Saya berterima kasih pada bapak gubernur,’’ kata Dodi.

Kata Dodi, tekanan inflasi terberat adalah penyesuaian harga BBM yaitu pada kelompok administered price dan risiko fluktuasi kelompok volatile foods. Dimana perlu dorongan upaya pengendalian inflasi di Sulteng.

Isu inflasi bukan di dalam negeri, tapi telah mendunia. Pertemuan
Presidensi G20 Indonesia juga membahas masalah krisis inflasi pangan dan krisis energi.

WASPADA HARGA NAIK DI SEKTOR INI

Dodi juga memberikan sinyal waspada bahwa BI memprediksi terjadi kenaikan minyak, energi, dan gas bulan bulan mendatang. Terlebih perang Rusia – Ukraina juga belum reda. Bahkan Rusia akan menghancurkan dengan bom kapal – kapal yang membuat gandum ke seluruh dunia. ***

DISEBARKAN RESMI : Tenaga Ahli Gubernur Bidang Komunikasi Publik

Berita terkait