Gaya Komunikasi Bahlil Memberi Pesan Apa, Ini Kata Gubernur Sulteng

  • Whatsapp
banner 728x90

BALI,- Siapa tidak kenal Bahlil Lahadahlia? Anak muda milenial pasti mengenalnya. Jajaran politisi nasional pun akrab dibuatnya. Gaya bicaranya non birokrat dan tehnokrat membius Joko Widodo, presiden Indonesia. Makanya, anak muda Indonesia Timur itu dipercaya jabatan strategis sebagai Menteri Investasi dan BKPM RI.

Minggu, 13 Nopember 2022 gaya komunikasinya kembali ditunjukkan di tengah banyak pengusaha keluarga Bakrie and Brothers dan pengusaha China Envisions Group di Nusa Dua Bali dalam rangkaian Head of Agreement. Apa itu? Tangan kanan memegang erat tangan Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Rusdy Mastura dan tangan berikutnya sambil menjelaskan apa yang disampaikan. Antara kedua tangan itu ada Anindya Bakrie, putra pewaris Bakrie Brothers Tbk.

Kebanyakan tokoh yang lahir dari Indonesia Timur sangat menguasai komunikasi publik. Beberapa saja yang dikenal karena kekayaannya. Kebanyakan dikenal ahli negosiator, seperti Jusuf Kalla, mahir diplomasi dan komunikasi. Bahlil, dinilai masuk dalam gaya tersebut. Selain juga ia adalah pengusaha.

Gubernur Sulteng sendiri memberi penilaian pada Bahlil. Dalam beberapa kesempatan, Bahlil adalah anak muda Indonesia yang smart, mencairkan suasana, mendengar yang lebih tua dan komunikatif. ‘’Saya bangga lihat adik Bahlil itu. Smart, komunikatif dan badengar. Syarat pemimpin ke depan ya itu,’’ ujar Cudi, sapaan Gubernur Rusdy Mastura. ***

Editor : andono wibisono

Berita terkait