Dongkrak Pasokan Air Bersih, Wagub Resmikan SPAM jaringan pipa di Bangkep

  • Whatsapp
banner 728x90

Bangkep,– Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air terus berupaya meningkatkan akses air minum aman bagi seluruh masyarakat Sulteng melalui peningkatan jaringan layanan air bersih perpipaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), telah diselesaikan pembangunan SPAM Luk Panenteng dan Ombuli untuk menambah pasokan air bersih perpipaan pada 2 Desa di Kecamatan Bulangi Utara yaitu desa Lukpanenteng dan Desa Ombili yang mana kedua desa tersebut saling berdekatan.

Peresmian SPAM ditandai dengan pemutaran tuas katup air oleh Wakil Gubernur Ma’mun Amir, (Senin 12/12/2022). Turut mendampingi PJ Bupati Bangkep Irsan Basir, Plt Kalak BPBD Sulteng Arfan, Kabid Air minum dan penyehatan lingkungan permukiman Dinas Cikasda Sulteng Surya Febrianti serta pejabat terkait.

Kabid Air minum dan penyehatan lingkungan permukiman Dinas Cikasda Sulteng Surya Febrianti menjelaskan, pembangunan baru SPAM jaringan perpipaan kapasitas 2,49 L/detik setara 300 Sambungan Rumah (SR) dengan jumlah yang terpasang 228 Sambungan Rumah (SR) terdiri dari Lukpanenteng sebanyak 4 unit, sementara untuk desa Desa Ombuli 224 unit. Sehingga masih tersedia 72 sambungan rumah (SR) yang dapat ditambah untuk ditabung berikutnya di desa Lukpanenteng dengan desa Ombuli Kecamatan Bulangi Utara.

Wagub Ma’mun Amir mengatakan, Saat ini SPAM Lukpanenteng dan Ombuli sudah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat walaupun belum semua tersalurkan namun di upayakan bulan ini suplai air bersih bisa dinikmati oleh masyarakat. Wagub meminta kepada masyarakat agar fasilitas yang telah dibangun tersebut di pelihara dengan baik.

“pengelolaan SPAM ini nantinya akan diserahkan kepada Pihak PDAM dan PDAM lah yang akan mengelola sebagus dan se efesien serta se efektif mungkin” Jelas Wagub.

Wagub juga menambahkan, SPAM ini merupakan salah satu pemenuhan harapan masyarakat di wilayah sini dimana saat kampanye pemilu yang lalu masyarakat mengharapkan adanya pemenuhan kebutuhan air bersih, Realisasi ini bukanlah janji kampanye, namun upaya memenuhi harapan masyarakat. Ujar Wagub

“Dengan beroperasinya SPAM tersebut akan memberi manfaat besar bagi bagi masyarakat di beberapa wilayah Bangkep yang masih kesulitan pasokan air bersih.

Pemerintah Sulawesi tengah melalui APBD T.A 2022 telah mengalokasikan anggaran Sebesar Rp.1.598.853.000- untuk SPAM jaringan pipa Wilayah Lukpanenteng melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran Organisasi Perangkat Daerah (DPA OPD) Dinas Cikasda Sulteng Program Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Kegiatan Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lintas Kab/Kota

Usai meresmikan SPAM di Desa Lukpanenteng, Wagub beserta rombongan menuju beberapa desa berikutnya yaitu Desa Koyobunga, desa Lelang matamaling dan desa Kambani Kab Bangkep untuk melakukan kegiatan yang sama. ***

Sumber: Biro Adpim Setda Prov Sulteng

Berita terkait