Juara Grup ! Jepang Berhasil Mengalahkan Spanyol di Piala Dunia 2022

Jepang berhasil mengalahkan Spanyol 2-1. Foto: Getty Images/Marc Atkins

Kailipost,- Pada laga terakhir Grup E, Jepang berhasil mengalahkan Spanyol 2-1 dan melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, di Khalifa International Stadium, Jumat (2/12) dini hari WIB. Samurai Biru lolos sebagai juara grup, sedangkan La Furia Roja sebagai runner-up.

Alvaro Morata membuka keunggulan lewat sundulan usai memanfaatkan umpan silang Cesar Azpilicueta. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Baca Juga

Di babak kedua, barulah Jepang bangkit. Ritsu Doan mencetak gol di menit ke-48 usai tembakan jarak jauhnya gagal ditepis sempurna oleh kiper Spanyol, Unai Simon.

Tiga menit berselang, Jepang berbalik unggul. Ao Tanaka menjebol gawang Spanyol lewat sebuah sontekan usai menerima umpan Kaoru Mitoma. Gol ini kontroversial karena posisi bola seperti sudah keluar lapangan sebelum ditendang Mitoma.

Namun tayangan ulang dari berbagai sudut kamera Video Assistant Referee gagal menangkap bukti bahwa bola sudah out. Gol Tanaka pun disahkan.

Dalam keadaan tertinggal 1-2, Spanyol berupaya menyamakan kedudukan, apalagi di laga lain Kosta Rika sempat unggul 2-1 atas Jerman. Jika kondisi itu terus berlanjut, maka Spanyol akan tersingkir.

Namun saat Jerman berbalik unggul hingga 4-2, Spanyol bermain lebih rileks. Meski skor tetap 2-1 untuk Jepang hingga laga usai, namun Spanyol bisa bernapas lega karena dipastikan lolos ke babak berikutnya.

Dengan hasil ini, Jepang memuncaki klasemen akhir Grup E dengan enam poin, sedangkan Spanyol ada di posisi kedua dengan empat poin, unggul selisih gol dari Jerman yang ada di posisi ketiga dan memiliki poin sama. ***

Editor/Sumber: Rizky/detik.com

Berita terkait