Apa Manfaat ArcGIS, CIKASDA Sulteng Bekali dengan Bimtek

  • Whatsapp
banner 728x90

PALU,- Pembuatan peta daerah irigasi berbasis Geospasial sudah menjadi keniscayaan. Olehnya, setiap perangkat di OPD Cipta Karya Daerah dan Sumber Daya Air atau Cikasda Sulteng penting memahami penggunaan dan pemanfaatan Sofware ArcGIS. Demikian dikatakan Plt Kadis Cikasda Sulteng, Dr Andi Rully Djanggola kepada kailipost.com sekaitan dengan pentingnya bimbingan tehnis (Bimtek) penggunaan dan pemanfaatan Sofware ArcGIS.

Olehnya, kata Rully, pihaknya telah menghelat Bimtek Software ArcGIS akhir tahun, tepatnya 12 – 15 Desember 2022 lalu di sebuah hotel di Kota Palu. Software ArcGIS sebuah software yang digunakan untuk membuat peta daerah irigasi berbasis Geospasial. Bimtek tersebut diberikan kepada ASN Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Buol. Kegiatan ini atas dasar Surat Permohonan Bimtek Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Buol Nomor 093/70.73/XII/PUPR/ 2022 tanggal 5 Desember 2022.

Bimtek ini memberikan pengetahuan dan keterampilan yang cukup mengenai Geographic Information System (GIS) atau Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis, dan menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospasial. Khususnya, dapat digunakan dalam pengolahan dan pembuatan Peta Daerah Irigasi Geospasial. Peta ini adalah prasyarat dalam verifikasi teknis data dalam pengusulan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Irigasi di Kementerian PUPR, terang Rully kembali.

Kegiatan Bimtek berlangsung selama lima hari dengan Instruktur dan Asisten Instruktur dari Bidang Irigasi dan Rawa yang sudah berpengalaman dalam penyusunan dan pembuatan Peta Daerah Irigasi Geospasial, dengan beberapa materi antara lain: Pengantar SIG, Instalasi Software, Global Positioning System (GPS), Input Data, Georeferencing, digitasi peta, Manajemen Basis Data, dasar-dasar analisis data dan pemodelan spasial, sistem koordinat dan proyeksi peta, pemasukan data tabular, konsep Luas Peta Potensial dan Luas Peta Fungsional, dan Pembuatan Layout Peta. Sebagai praktek dibuatkan contoh beberapa peta Daerah irigasi kewenangan Kabupaten Buol. ****

Reportase : rizki renaldi

Berita terkait