SBY Turun Gunung Konsolidasi Demokrat Hadapi Pilpres

  • Whatsapp
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Antara Foto/Asprilla Dwi Adha)
banner 728x90

Jakarta,- Partai Demokrat (PD) menggelar konsolidasi internal di Pacitan, Jawa Timur (Jatim). Pertemuan tersebut dihadiri langsung Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Seperti dilansir detikJatim, Senin (16/1/2023), acara berlangsung tertutup di kompleks Museum dan Galeri Seni SBY*ANI, Sabtu (14/1). Di tempat itulah kabarnya berlangsung retreat para pucuk pimpinan partai berlambang bintang mercy.

Pertemuan itu sendiri merupakan bentuk konsolidasi. Spekulasi pun bermunculan terkait agenda pertemuan, termasuk wacana ancang-ancang jelang pentas politik 2024.

Pemilihan Pacitan sebagai lokasi pertemuan juga tergolong istimewa. Sebab acara serupa biasanya dilaksanakan di kota besar, seperti halnya Jakarta. Rupanya, hal itu tak lepas dari ikatan sejarah SBY yang lahir di Pacitan.

“Karena beliau juga ingin mengenalkan kepada seluruh kader Partai Demokrat dan keberadaan museum,” kata Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Sabtu (14/1).

Lantas, apa yang dibahas Majelis Tinggi Partai Demokrat saat menggelar konsolidasi internal di Pacitan?

“Lebih ke persiapan kita menghadapi pemilu,” kata Ketua DPP Partai Demokrat Sartono Hutomo, Sabtu (14/1).

Persiapan itu penting, lanjutnya, karena pesta demokrasi sudah di ambang pintu. Oleh karena itu, organ partai baik di tingkat DPD maupun DPC ,perlu dikonsolidasikan lagi.

“Iya ke persiapan pematangan-pematangan, jadwal-jadwal, agenda dengan bergulirnya waktu ini kan cepat ya. Apa saja yang telah dijalankan dan apa yang belum,” tambah dia.

Elite Demokrat itu tak menampik jika isu pencapresan juga sempat disinggung. Hanya saja topik itu tidak dibahas secara khusus. Pasalnya, hingga saat ini komunikasi masih berlangsung antartim partai.

“Disinggung tapi sifatnya kan tetap terus komunikasi tim-tim itu ya di Jakarta. Mas Ketum (AHY) juga belum menyampaikan secara spesifik,” ujar wakil rakyat tersebut. ***

Editor/Sumber: Riky/detik.com

Berita terkait