Australia Akan Mengganti Gambar Ratu Elizabeth pada Uang Kertas A$5

  • Whatsapp
Uang kertas 5 dollar Australia. Foto : RBA
banner 728x90

Kailipost,- Australia dikabarkan akan mengganti gambar Ratu Elizabeth II dari uang kertas A$5 dengan sebuah desain baru untuk mencerminkan dan menghormati sejarah budaya masyarakat pribumi, kata bank sentral negara itu, Kamis, (2/2/2023).

Keputusan tersebut menyusul konsultasi dengan pemerintahan federal, yang mendukung perubahan itu, kata Reserve Bank of Australia dalam sebuah pernyataan. Di sisi sebaliknya dari uang kertas itu akan tetap memuat Parlemen Australia, katanya.

Kematian Ratu Elizabeth tahun lalu telah menyulut perdebatan di Australia soal masa depan sebagai monarki konstitusional. Para pemberi suara dengan margin tipis memilih untuk bertahan dengan monarki Inggris sebagai kepala negara pada sebuah referendum 1999.

Raja Charles III, yang menjadi raja Inggris setelah kematian ibundanya, adalah kepala negara di Australia, Selandia Baru, dan 12 negara Persemakmuran di luar United Kingdom, meskipun perannya sebagian besar seremonial.

Australia pada September 2022 mengatakan gambar Raja Charles tidak otomatis menggantikan Ratu Elizabeth pada uang kertas A$5, dan bahwa ia mungkin akan digantikan dengan sosok-sosok Australia.

Pihak berwenang menyatakan keputusan untuk memuat gambar ratu pada uang kertas A$5 adalah tentang kepribadiannya bukan tentang statusnya sebagai ratu. Keputusan untuk memperbarui uang kertas itu muncul ketika pemerintahan kiri tengah Australia mendorong referendum, yang dibutuhkan untuk mengganti konstitusi, untuk mengakui masyarakat pribumi dalam dokumen dan memerlukan konsultasi dengan mereka untuk keputusan-keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka.

Pada 2021, Australia secara resmi mengamandemen lagu kebangsaannya untuk menghilangkan rujukan kepada negara yang “muda dan bebas” di tengah-tengah seruan untuk mengakui bahwa masyarakat pribumi di Australia adalah peradaban tertua di dunia.

Reserve Bank mengatakan akan berkonsultasi dengan kelompok-kelompok pribumi dalam merancang uang kertas A$5. Dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mendesain dan mencetak uang kertas baru. Hingga waktunya tiba, uang kertas yang sekarang masih terus diterbitkan. ***

Editor/Sumber: Riky/Tempo.co

Berita terkait