Ketua PPP: Bakal Calon Presiden Diputuskan Dalam Mukernas

Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Jakarta,- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan menentukan nama bakal calon presiden dan calon wakil presiden akan ditetapkan lewat musyawarah kerja nasional (Mukernas) ataupun rapat pimpinan nasional (Rapimnas).

Selain itu, penetapan bakal calon presiden dan calon wakil presiden juga dibicarakan dan diputuskan bersama dua mitra Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB yaitu, PAN dan Partai Golkar.

Hal Tersebut disampaikan Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi, 22 Maret 2023.

“Tentu semua akan dirembuk bersama dengan KIB, tidak bisa kami putuskan sendiri-sendiri,” kata dia.

Awiek, sapaan akrab Baidowi mengatakan, pertemuan partai politik yang tergabung dalam KIB kemungkinan dilakukan setelah Ramadan 1444 Hijriah.

“Mungkin nanti momentumnya setelah Lebaran, halalbihalal, karena hari ini bulan puasa, biasanya setiap partai memiliki kesibukan masing-masing,” ujar dia.

Awiek juga membantah jika KIB menemukan jalan buntu lantaran tiga partai yang tergabung hingga saat ini belum mengumumkan siapa calon presiden dan calon wakil presidennya.

“KIB bukan menemukan jalan buntu, justru KIB berjalannya banyak karena banyak tokoh yang merapat kepada kami, yang terus kami monitor perkembangan elektabilitasnya,” ujar dia.

Dikatakan pula bahwa saat ini sejumlah nama diusulkan untuk diusung oleh PPP pada Pilpres 2024, mulai dari Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

“Ada nama Pak Sandi oleh DPW-DPW (Dewan Pimpinan Wilayah PPP) yang diusulkan. Ketum kami pun Pak Mardiono juga diusulkan sebagai calon wakil presiden untuk maju di pilpres mendatang,” tuturnya.

Menurut Awiek, saat ini sejumlah nama sudah beredar di kalangan internal PPP, mulai dari Pelaksana tugas Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Sebelumnya bahkan PPP Gorontalo menggelar acara deklarasi Sandiaga Uno sebagai bakal calon presiden.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno mengatakan akan menunggu restu dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk merapat ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sandiaga mengatakan ia perlu berkonsultasi dengan Prabowo ihwal nasibnya di Gerindra.

“Nanti pada saat yang tepat saya akan menghadap Pak Prabowo untuk berdiskusi dan apapun nanti keputusannya tentunya saya mengharap ada restu, ada kesamaan pandang, pola pikir, untuk bagaimana kita melangkah ke depan,” kata Sandiaga saat ditemui di gedung Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Senin, 20 Maret 2023. ***

Editor/Sumber: Riky/Tempo.co

Berita terkait