8 Obat Tradisional Ilegal Picu Kerusakan Ginjal-Hati Temuan BPOM

  • Whatsapp
BPOM RI pada Selasa, 4 Oktober 2022, Menarik 41 Jenis Obat Tradisional Ilegal yang Mayoritas Adalah Peningkat Stamina Pria (Foto: Ade Nasihudin Al Ansori)

Jakarta,- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) mencatat sepanjang 2022, ada 777 kasus obat tradisional yang tidak memiliki izin edar hingga mengandung bahan kimia obat (BKO).

Jika terus dikonsumsi, efek pemberian BKO pada obat tradisional bisa membahayakan ginjal dan hati. Setiap produk obat tradisional tanpa izin edar BPOM RI, juga tidak terjamin manfaat, khasiat, hingga mutunya.

Sementara berdasarkan hasil patroli siber obat dan makanan ilegal periode Januari 2022 sampai dengan April 2023, peredaran obat tradisional ilegal ditemukan pada 57.826 tautan link beragam marketplace. Persentasenya lebih tinggi dari temuan suplemen kesehatan ilegal di 3,51 persen atau sekitar 20 ribu tautan link.

“Obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat berisiko terhadap kesehatan organ tubuh, seperti ginjal dan hati,” terang Kepala BPOM RI Penny K Lukito, dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (4/7/2023).

Berita terkait