Jokowi Minta LRT Beroperasi 26 Agustus, KAI: Kami Terus Lakukan Penyempurnaan

  • Whatsapp
Foto: Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo (Dok: KAI)

Jakarta,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) kini terus melakukan persiapan di berbagai sisi untuk memastikan operasional LRT Jabodebek dapat berjalan dengan baik. Sesuai dengan arahan pemerintah, LRT Jabodebek rencananya akan diresmikan dan mulai beroperasi untuk publik pada 26 Agustus 2023.

“Seluruh operasi LRT Jabodebek dilakukan secara otomatis tanpa masinis, menggunakan sistem Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation (GoA) level 3. Sistem yang baru pertama kali diterapkan di Indonesia ini terus kami lakukan penyempurnaannya agar saat melayani pelanggan dapat beroperasi dengan lancar, selamat, dan nyaman,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo saat dikonfirmasi, Jumat (11/8/2023).

Didiek menambahkan proyek LRT Jabodebek merupakan proyek strategis nasional (PSN) pemerintah yang dikerjakan oleh anak bangsa. Proyek ini dikerjakan dengan kolaborasi antara INKA sebagai penyedia sarana, LEN sebagai penyedia sistem persinyalan, serta Adhi Karya sebagai kontraktor juga pemda-pemda terkait yang mensupport integrasi angkutan moda.

“Pembangunan LRT Jabodebek dilakukan melalui kerja sama berbagai pihak yang solid untuk menghadapi dinamika dan berbagai tantangan yang ada. Sehingga akan dapat mengejar penyelesaian proyek dengan progres saat ini telah mencapai 98,26%,” imbuhnya.

Berita terkait