JICA Kunjungi Lokasi Rehab dan Rekon Pascabencana di Sulteng

  • Whatsapp

Palu,- Pembangunan dan rekonstruksi infrastruktur pasca bencana di provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang ditangani oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Tengah dilakukan bersama dengan JICA (Japan International Cooperation Agency) melalui skema pembiayaan IRSL (Infrastructure Reconstruction Sector Loan).

Diketahui, JICA (Japan International Cooperation Agency) sendiri merupakan lembaga bantuan luar negeri dari Jepang yang telah lama berkomitmen untuk membantu negara-negara mitra, termasuk Indonesia.

Dalam program kerjasama kali ini, terdiri atas 12 paket penanganan bencana yang berlokasi di berbagai titik yakni di Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala.

Media Jepang bersama Kasatgas Bencana Kementerian PUPR Sulawesi Tengah, Jajaran BPJN Sulteng, BPPW Sulteng, dan BWS Sulawesi III melakukan kunjungan ke lokasi paket-paket penanganan bencana.

Kunjungan media Jepang tersebut bertujuan untuk menginformasikan dan memperkenalkan proyek-proyek yang ditangani serta dampaknya terhadap masyarakat setempat.

Hal ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesiapan dalam menghadapi bencana dengan adanya pembangunan infrastruktur yang tahan bencana (mitigasi bencana).

Berita terkait