Presiden Jokowi Buka KTT ASEAN Hari Ini, Bahas Penguatan Kelembagaan

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi meninjau media center KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat, 1 September 2023. ANTARA FOTO/MEDIA CENTER KTT ASEAN 2023/M Agung Rajasa

Jakarta,- Para pemimpin perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara akan memulai KTT ASEAN hari ini, Selasa (5/9/2023), di Jakarta.

Penguatan jangka panjang blok hingga upaya menyelesaikan krisis internal seperti Myanmar akan dibahas dalam persamuhan tersebut.

Dalam konferensi hari ini akan diadakan dua sesi. Pertama dalam format plenary dan kedua dalam bentuk retreat. Pembukaan akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo yang juga ketua ASEAN tahun ini.

Menteri luar negeri dari negara-negara anggota ASEAN bertemu di Jakarta pada Senin, 4 September 2023, untuk menyiapkan rekomendasi yang akan disepakati untuk para pemimpin di KTT. ASEAN Concord IV telah disepakati para menteri untuk diadopsi.

ASEAN Concord IV merupakan inisiatif yang dibuat Indonesia. Ini akan menjadi landasan Visi Komunitas ASEAN 2045, memperkuat lembaga untuk mengatasi berbagai tantangan masa depan.

“Tantangan yang kita hadapi di tahun-tahun mendatang akan lebih besar lagi,” ujar Menlu RI Retno Marsudi saat memimpin pertemuan menteri di Sekretariat ASEAN pada Senin.

KTT ASEAN akan menyepakati percepatan proses pengambilan keputusan pada saat krisis dan penguatan kapasitas ASEAN dalam menanggapi tantangan yang muncul.

Perumusan Visi Komunitas ASEAN 2045 telah dimulai pada 2023 di bawah Satuan Tugas Tingkat Tinggi (HLTF), yang diketuai bersama oleh Indonesia dan Malaysia. Visi ini akan diadopsi secara resmi pada 2025.

Berita terkait