Ekonomi Nasional Kian Membaik, Sulteng Diproyeksi Tumbuh Dua Digit

  • Whatsapp
FOTO bersama Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulteng Mi

SULTENG,- Ekonomi nasional Indonesia hingga kini tetap berdaya tahan dan terus menunjukkan prospek yang baik meski ekonomi dunia cenderung melambat dan tidak pasti.

Salah satunya di Sulawesi Tengah sendiri, pertumbuhan ekonomi tahun 2023 dan 2024 diproyeksikan bakal berada di atas 10 persen atau dua digit.

Buktinya, ekonomi Bumi Tadulako pada Oktober 2023 tercatat sebesar 13,06 persen. Angka ini adalah yang tertinggi di Pulau Sulawesi dan tertinggi kedua secara nasional di bawah pertumbuhan ekonomi Maluku Utara.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah, Miko Bayuaji mengatakan, tingginya pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah serta terjaganya angka inflasi ini diraih atas sinergitas yang baik antara Bank Indonesia, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah maupun pemerintah kabupaten dan kota.

Sinergitas yang terjalin kuat ini hendaknya terus dipertahankan demi pembangunan ekonomi daerah yang semakin baik.

Menurut Miko, industri pengolahan nikel, pertambangan dan pertanian tetap menjadi pendorong utama tumbuhnya ekonomi Sulawesi Tengah.

“Sulawesi Tengah ini sudah melalui banyak rintangan. Kita telah melewati bencana besar gempa dan tsunami, lalu Covid 19. Belum lagi ancaman global dan domestik. Tapi ekonomi kita bangkit dan tumbuh dua digit. Ini sebuah kebanggaan bagi kita semua,” jelas Miko Bayuaji saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, Rabu (29/11/2023).

Berita terkait