Indonesia dan AS Sepakati Kerja Sama Ekonomi-Transisi Energi

  • Whatsapp
Joko Widodo (Jokowi) dan Joe Biden (Sumber: Bloomberg)

Jakarta,- Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan (Zulhas) mendampingi, melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Ia mengungkapkan dalam pertemuan tersebut kedua negara sepakat untuk meningkatkan kemitraan strategis komprehensif (Comprehensive Strategic Partnership/CSP).

Lebih lanjut, pada pertemuan dilakukan di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Senin (13/11). Zulhas menyampaikan kemitraan strategis yang komprehensif tersebut akan mendorong kerja sama yang lebih erat di berbagai bidang.

Kerja sama tersebut juga termasuk mempererat hubungan ekonomi kedua negara, memperkuat rantai pasok, kerja sama keamanan kawasan, upaya transisi energi dan penanggulangan krisis iklim, serta promosi budaya dan pariwisata.

“Melihat berbagai perkembangan global saat ini dan di masa yang akan datang, kedua Kepala Negara menegaskan pentingnya Indonesia dan AS untuk memperluas kerja sama di seluruh isu yang menjadi perhatian bersama,” ujar Zulhas dalam keterangan tertulis, Kamis (15/11/2023).

Zulhas juga mengatakan kedua Kepala Negara juga sepakat untuk meningkatkan perdagangan Indonesia-AS melalui berbagai platform, termasuk Kerangka Persetujuan Perdagangan dan Investasi Indonesia-AS (Trade and Investment Framework/TIFA) serta Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik (Indo-Pacific Economic Framework/IPEF).

Berita terkait